Kompas.com - 24/01/2022, 14:36 WIB

KOMPAS.com - Tanpa disadari ada banyak sumber penularan bakteri dan kuman di sekitar kita, termasuk di dalam rumah.

Banyak orang berpikir bahwa uang dan busa cuci piring adalah benda di rumah yang paling banyak menyimpan bakteri dan kuman.

Faktanya, lap yang sehari-hari digunakan untuk mengelap piring bersih habis cuci juga menjadi benda yang paling kotor, lho.

Karena lap piring selalu digunakan, tanpa disadari kita sering menaruhnya di tempat sembarangan dan tidak mencucinya secara berkala.

Beberapa pemilik rumah bahkan membiarkannya dalam kondisi basah selama berhari-hari dan baru dicuci setelah berbau tidak sedap.

“Percaya atau tidak, lap piring bisa menjadi salah satu barang paling kotor di rumah," kata kepala pembersihan di Handy, Bailey Carson.

"Dari membersihkan tumpahan hingga menyeka bagian atas meja, sering kali lebih banyak digunakan daripada dibersihkan,” tambah dia.

Sumber penularan bakteri

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Society of Microbiology menunjukkan bahwa setengah dari lap piring yang diuji mengandung E. coli atau staph.

Melansir Mayo Clinic, E. coli biasanya hidup di usus manusia dan hewan yang sehat.

Sebagian besar jenis E. coli tidak berbahaya tapi bisa menyebabkan diare yang relatif singkat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.