TANYA PAKAR

Tanya Pakar merupakan kolaborasi Kompas.com dan para pakar di bidang nutrisi dan parenting. Kami mengundang Sahabat Kompas.com untuk mengajukan pertanyaan.

Gaya Belajar yang Tepat untuk Anak Kinestetik Selama Sekolah Online

Kompas.com - 29/01/2022, 11:06 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Pertanyaan:

Halo saya memiliki anak perempuan berusia 7 tahun, sekarang kelas 1 SD dan masih sekolah secara online. Anak saya termasuk aktif, periang, dan senang bernyanyi. Sejak ia masuk SD ia terlihat kurang menikmati sekolah dan sulit fokus.

Walaupun ia dapat mengerti apa yang diajarkan gurunya, tetapi ia selalu kurang fokus. Gurunya pun beberapa kali mengingatkan ia karena sering menutup kamera laptopnya.

Menurut gurunya, ketika percobaan pembelajaran tatap muka (PTM) bulan Desember 2021 lalu, anak saya juga tidak bisa duduk diam di kelas. Anak saya disebut punya gaya belajar kinestetik sehingga harus banyak bereksplorasi.

Namun dia kan sekarang ini masih sekolah secara online, sehingga agak sulit untuk membuatnya tenang dan mendengarkan pelajaran, yang ada ia makin tidak suka sekolah karena sering saya tegur.

Mohon sarannya, kira-kira bagaimana cara agar anak saya dapat semangat sekolah? Apa yang harus saya lakukan sebagai orangtua untuk membantunya belajar? Terima kasih.
Syntia, Bekasi

Baca juga: Pemerintah Diminta Buka Opsi Sekolah Online jika Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19

Jawaban:

Halo Ibu Syntia di Bekasi! Terima kasih atas pertanyaannya, ya.


dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ (K)RS Pondok Indah dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ (K)
Pada masa pandemi ini, memang suatu tantangan tersendiri bagi anak sekolah. Pembelajaran secara online membuat kontrol guru terhadap anak menjadi lebih sulit, dan anak dengan mudah meninggalkan kelas dengan cara mematikan kamera.

Seorang anak berusia 7 tahun seharusnya sudah mampu untuk memusatkan perhatian dan menyimak pada saat guru memberikan penjelasan atau mengintruksikan sesuatu, baik secara tatap muka langsung di kelas maupun secara jarak jauh (online).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.