Kompas.com - 03/02/2022, 20:15 WIB


KOMPAS.com - Jika kamu termasuk orang yang mengikuti tren produk perawatan kulit, pasti kamu tak asing dengan ceramide. Kandungan tersebut kini sedang tren dipakai oleh beberapa merek pelembab.

Jika dipakai di produk pelembab, tentu produk ini punya manfaat untuk melembabkan kulit. Tetapi, fungsi dari asam lemak ini ternyata cukup banyak dan kulit kita membutuhkannya.

Ceramide sebenarnya merupakan asam lemak penyusun lapisan lemak kulit yang normal di kulit kita, bahkan konsentrasinya hingga 50 persen.

Ceramide berfungsi sebagai pengikat sel kulit dan memberikan lapisan agar tetap lembab dan terlindungi.

Namun, seiring usia dan paparan lingkungan maka kadarceramide ini berkurang dan akhirnya menipis. Salah satu efeknya adalah lapisan pelindung kulit (skin barrier) menjadi rusak dan kulit terlihat kasar, kering, bahkan kusam.

Baca juga: Mengenal Skin Barrier dan Pengaruhnya pada Kesehatan Kulit

Jika kulit kamu tergolong sensitif dan mudah berjerawat, terganggunya fungsi barrier juga membuat kulit gampang iritasi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by WHITELAB (@whitelab_id)

Itu sebabnya kulit kita membutuhkan ceramide untuk menahan kelembaban dan mencegah berbagai masalah kulit dehidrasi.

Kabar baiknya, saat ini cukup banyak produk skincare yang memiliki kandungan utama ceramide. Salah satunya produk lokal Whitelab yaitu Cera-mug Barrier Moisturizer Gel.

Menurut Co-founder Whitelab, Jessica Lin, produk pelembab terbaru ini membantu merawat dan meningkatkan fungsi skin barrier.

"Cera-mug sendiri merupakan kepanjangan dari ceramide dan mugworth, dengan kandungan utama ceramide-4, marine collagen, mugwort, dan hyalucomplex-10," kata Jessica dalam siaran pers.

Memiliki tekstur gel, pelembab ini terasa ringan di kulit dan tidak menimbulkan rasa lengket. Produk ini juga bisa dipakai pada siang dan malam hari, dan diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Jessica mengatakan, sejak peluncurannya, Cera-mug sudah mendapat berbagai ulasan positif dari beauty influencer, terlebih harganya lebih murah dibanding produk dengan kandungan sejenis dari merek impor.

Baca juga: Apa Beda Krim Pelembab Harga Jutaan dengan yang Murah?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.