Kompas.com - 09/02/2022, 12:31 WIB

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang mungkin bekerja tanpa begitu memedulikan kondisi maupun budaya kerja di kantor.

Padahal, menurut pakar karir di Monster, Vicki Salemi, hal ini sangat penting untuk menyadari apakah kita berada di lingkungan yang toksik atau tidak.

"Jadi, periksalah secara berkala untuk memastikan nilai-nilai di tempat kerja masih sejalan dan merupakan tempat yang sehat untuk kita bekerja," ungkap dia.

Pendiri dan mitra di Monday Talent, Gillian Williams, juga mengungkapkan, budaya di tempat kerja adalah segalanya.

"Sebagai perekrut, itulah salah satu hal terbesar yang saya dengar dari karyawan tentang mengapa mereka ingin meninggalkan perusahaan," kata dia.

Baca juga: 6 Tips Menavigasi Pekerjaan Baru yang Fully Remote

"Di mana, mereka sudah tidak berada dalam budaya yang sejalan dengan nilai-nilai atau keseimbangan kehidupan kerja mereka," lanjut dia.

Sebab, budaya tempat kerja yang negatif dapat berdampak serius pada kesehatan mental.

"Sulit juga untuk berkembang dan unggul secara profesional karena stres terkait pekerjaan juga dapat terbawa ke area lain dalam hidup kita," ujar dia.

Untuk itu, jika kita menghadapi situasi tempat kerja yang negatif, coba temukan beberapa red flag yang menandakan untuk mencari pekerjaan baru.

1. "Stand by" 24 jam

Mengetahui bahwa kita harus selalu bisa menanggapi telepon, email, atau teks dari atasan mengenai pekerjaan di luar jam kerja dapat membuat kita sangat stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.