Kompas.com - 10/02/2022, 09:34 WIB

KOMPAS.com - Berat badan anjing akan berubah selama masa hidupnya dan dipengaruhi sejumlah faktor seperti usia, ras, dan kondisi kesehatan.

Umumnya, pemilik anjing mengeluhkan berat badan hewan peliharaannya yang berlebihan.

Namun ada kalanya anjing terlalu kurus dan mendadak kehilangan berat badannya tanpa alasan tertentu.

Jika itu dialaminya oleh hewan kesayangan kita, maka itu merupakan gejala gangguan kesehatan serius yang tak boleh diabaikan.

"Terkadang saya melihat penurunan berat badan pada anjing muda yang sangat aktif," jelas ahli gizi hewan Lori Prantil, MPS, DVM di VCA South Shore Weymouth, Massachusetts, AS.

Ada jenis ras pekerja seperti anjing gembala yang dapat membakar ribuan kalori dalam setiap hari.

Apabila jumlah makanan yang diberikan tidak sesuai dengan gaya hidupnya yang energik, bisa jadi anjing itu tidak memiliki berat badan ideal.

Baca juga: Ternyata Inilah Alasan Anjing Mengejar Ekornya, Bukan Hanya Bermain

Biasanya, ada kondisi medis yang menyebabkan anjing kehilangan berat badan dan kita sebagai pemilik harus menyesuaikan pola makannya.

"Terkadang pemilik anjing beralih ke makanan rendah kalori seperti ayam dan nasi jika anjing merasa tidak enak badan," tutur Prantil.

Jika kita tidak mengganti pola makannya, atau kurang asupan makanan, maka anjing dapat kehilangan massa otot seiring waktu dan kesulitan memertahankan berat badan yang sehat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Daily Paws
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.