Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata HRD Cuma Butuh 7,4 Detik untuk Melihat CV Lamaran Kerja

Kompas.com - 15/02/2022, 19:41 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber theladders

KOMPAS.com -Saat melamar kerja, kita tak punya waktu banyak untuk memberi kesan menarik melalui curriculum vitae atau CV

Dalam penelitian yang dirilis Ladders, situs pencarian kerja yang berbasis di Amerika Serikat, tim HRD hanya membutuhkan waktu 7,4 detik untuk mencari kandidat terbaik menggunakan alat scan berupa software khusus.

Metode yang digunakan perangkat lunak itu disamakan dengan pola mata manusia dalam meninjau data yang membentuk huruf "F".

Baca juga: Cara Membuat dan Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik HRD

Studi ini menunjukkan bahwa tim HRD melihat jabatan atau posisi saat ini di perusahaan di urutan pertama.

Kemudian pandangan beralih ke posisi kanan untuk melihat pengalaman kerja sebelumnya. Ini memberi sinyal ke perekrut untuk menilai kestabilan dalam bekerja.

Setelah itu, pandangan mata turun ke bawah untuk melihat persyaratan pendidikan.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyortir CV berdasarkan data tersebut sangatlah cepat. Seharusnya kurang dari 10 detik, informasi yang kita berikan lewat CV sudah bisa ditangkap dengan baik.

Sarah Rawcliffe, seorang Manajer SDM di perusahaan Get My Job pun memiliki pendapat yang sama. Ia mengatakan untuk menemukan kandidat yang tepat tidak diperlukan waktu lama.

Secara umum ia akan melihat keterampilan yang tertulis pada CV. Informasi keterampilan atau pengalaman adalah kunci yang penting dalam menemukan pelamar kerja yang sesuai dengan lowongan yang dibutuhkan. 

"Saat saya menyortir CV, pasti mata saya langsung mencari kata-kata yang berhubungan dengan posisi lowongan yang terbuka," ujarnya sebagaimana dilansir The Ladders.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini yang Harus Dicantumkan di CV Saat Melamar Kerja

"Misalnya ada lowongan untuk posisi pengasuhan anak. Saya akan menyortir kandidat relevan yang memiliki pengalaman yang sama, baik di sekolah dasar atau pengasuh anak lainnya," tambah Sarah.

Karena itu, pastikan data dan pengalaman di resume yang kita kirim untuk melamar pekerjaan dibuat dengan data yang mudah dimengerti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com