Kompas.com - 15/02/2022, 19:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com -Saat melamar kerja, kita tak punya waktu banyak untuk memberi kesan menarik melalui curriculum vitae atau CV

Dalam penelitian yang dirilis Ladders, situs pencarian kerja yang berbasis di Amerika Serikat, tim HRD hanya membutuhkan waktu 7,4 detik untuk mencari kandidat terbaik menggunakan alat scan berupa software khusus.

Metode yang digunakan perangkat lunak itu disamakan dengan pola mata manusia dalam meninjau data yang membentuk huruf "F".

Baca juga: Cara Membuat dan Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik HRD

Studi ini menunjukkan bahwa tim HRD melihat jabatan atau posisi saat ini di perusahaan di urutan pertama.

Kemudian pandangan beralih ke posisi kanan untuk melihat pengalaman kerja sebelumnya. Ini memberi sinyal ke perekrut untuk menilai kestabilan dalam bekerja.

Setelah itu, pandangan mata turun ke bawah untuk melihat persyaratan pendidikan.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyortir CV berdasarkan data tersebut sangatlah cepat. Seharusnya kurang dari 10 detik, informasi yang kita berikan lewat CV sudah bisa ditangkap dengan baik.

Sarah Rawcliffe, seorang Manajer SDM di perusahaan Get My Job pun memiliki pendapat yang sama. Ia mengatakan untuk menemukan kandidat yang tepat tidak diperlukan waktu lama.

Secara umum ia akan melihat keterampilan yang tertulis pada CV. Informasi keterampilan atau pengalaman adalah kunci yang penting dalam menemukan pelamar kerja yang sesuai dengan lowongan yang dibutuhkan. 

"Saat saya menyortir CV, pasti mata saya langsung mencari kata-kata yang berhubungan dengan posisi lowongan yang terbuka," ujarnya sebagaimana dilansir The Ladders.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini yang Harus Dicantumkan di CV Saat Melamar Kerja

"Misalnya ada lowongan untuk posisi pengasuhan anak. Saya akan menyortir kandidat relevan yang memiliki pengalaman yang sama, baik di sekolah dasar atau pengasuh anak lainnya," tambah Sarah.

Karena itu, pastikan data dan pengalaman di resume yang kita kirim untuk melamar pekerjaan dibuat dengan data yang mudah dimengerti.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber theladders
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.