Kompas.com - 16/02/2022, 14:54 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah pertanyaan umum bakal diberikan rekruter kepada kandidat saat wawancara kerja.

"Ceritakan tentang diri anda" adalah kalimat yang paling sering ditanyakan.

Mungkin pertanyaan ini terkesan sederhana, tapi tak sedikit yang masih kebingungan tentang jawaban seperti apa yang tepat untuk diceritakan.

Pertama-tama perlu dipahami, tujuan dari pertanyaan tersebut bukan ruang untuk "curhat".

Tapi, untuk mengetahui apakah potensi yang kita miliki sesuai dengan persyaratan dari posisi yang kita incar di perusahaan tersebut.

Baca juga: Kesan Pertama Saat Wawancara Kerja Jadi Penentu Lolos atau Tidak

Jadi, ceritakan tentang diri kita secara profesional. Pengalaman kerja dan keahlian penting untuk diceritakan saat menjawab pertanyaan tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara jitu untuk menjawab pertanyaan "ceritakan tentang diri anda" saat wawancara kerja.

1. Jujur dan terus terang

Saat proses wawancara, tak jarang beberapa kandidat terlalu fokus untuk membuat rekruter terkesan dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki.

Tapi ingat, kebohongan sedikit saja pasti mudah terdeteksi. Coba bayangkan kalau kita mengaku bisa segala hal, tapi nyatanya saat bekerja kita benar-benar tidak menguasai bidang tersebut.

Oleh karena itu, jujurlah dalam menjelaskan semua informasi yang kita ucapkan. Hal ini membuktikan, kita adalah kandidat yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.