Kompas.com - 17/02/2022, 06:50 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tingginya turn over karyawan, hingga banyaknya lulusan baru yang memasuki angkatan kerja setiap tahun mendorong sejumlah perubahan signifikan dalam tren pencarian kerja.

Menurut situs pencarian kerja Novo Resume, mayoritas orang resign dari perusahaan sampai 10 hingga 15 kali untuk menemukan karier profesional mereka.

Ini menandakan bahwa loyalitas karyawan dengan perusahaan perlahan mulai bergeser. Bahkan karyawan yang begitu mencintai pekerjaannya, masih ada keinginan resign demi memperbaiki kariernya di masa depan.

Baca juga: 6 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate di Masa Pandemi Covid-19

Melihat perubahan tren tersebut, Novo Resume melakukan riset dengan meminta perusahaan dan perekrut untuk mengetahui strategi terbaik dalam mencari kerja.

Riset menyebutkan, kini semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan proses rekrutmen menggunakan jejaring sosial untuk menemukan kandidat.

Nah, di tahun 2022 berikut lima cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan baru berdasarkan data yang sudah dihimpun dengan melihat perubahan tren rekrutmen.

1. Situs pencarian kerja

Google diketahui memiliki platform pencarian kerja yang memungkinkan kita menemukan  lowongan kerja terbaru setelah kita input kata kunci sesuai pekerjaan yang kita cari.

Beberapa di antaranya akan membawa kita langsung masuk ke situs pencarian kerja yang menyajikan informasi lowongan tersebut.

Pencari kerja bisa juga mengunduh aplikasi pencarian kerja dan mulai menelusuri lowongan yang tersedia.

Di Indonesia ada beberapa situs pencarian kerja populer. Di antaranya Jobstreet, Linkedin, Indeed hingga Kalibrr. Beberapa situs tersebut menyediakan ratusan lowongan baru setiap hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.