Kompas.com - 20/02/2022, 08:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, vitamin C juga sebenarnya memiliki manfaat besar untuk kulit.

Misalnya saja, untuk proses biosintesis kolagen, yang merupakan salah satu bahan utama penyusun kulit. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu mencerahkan dan mengurangi kemerahan.

Tak heran, vitamin C pun kerap dijadikan salah satu bahan baku produk-produk kecantikan.

Umumnya, mereka yang ingin memiliki kulit cantik pun berusaha mendapatkan asupan vitamin C untuk kulitnya melalui cara topikal. Artinya, dengan menggunakan produk skincare bervitamin C tersebut.

Namun, bagaimana dengan pengaruh konsumsi vitamin C secara oral pada kulit?

"Vitamin C oral melalui suplemen dan diet sangat penting untuk produksi kolagen menghasilkan kulit yang kencang serta awet muda, dan melindungi serta memulihkan skin barrier," kata Ife J.Rodney, MD, direktur pendiri Eternal Dermatology + Aesthetics di Maryland.

Baca juga: Jangan Gabungkan Skincare Niacinamide dan Vitamin C, Ini Sebabnya

Artinya, vitamin C, baik oral maupun topikal sama pentingnya untuk kulit. Namun, bagaimana cara kerjanya?

Berikut paparannya.

Bagaimana vitamin C oral dan topikal bekerja sama

Menurut dokter kulit, penggunaan produk dengan vitamin C berbentuk topikal atau dioleskan merupakan cara terbaik untuk menyehatkan kulit.

"Vitamin C topikal dapat melindungi kulit dari radikal bebas, menghambat produksi pigmentasi abnormal, dan bertindak sebagai kofaktor untuk produksi kolagen baru,” ujar Joshua Zeichner, M.D., director of cosmetic and clinical research in dermatology di Mount Sinai Hospital, New York.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.