Kompas.com - 22/02/2022, 06:31 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Polemik minyak goreng tak kunjung usai. Selain soal harga, masyarakat kini dihadapkan dengan situasi minyak goreng langka di pasaran.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, di berbagai daerah Indonesia masyarakat mengeluh kesusahan mendapatkan minyak goreng.

Di ritel modern juga demikian, rak yang biasanya dipenuhi berbagai merek minyak goreng kini lebih sering terlihat kosong. Kalaupun ada, harganya mahal.

Melihat kondisi tersebut, mungkin sudah waktunya kita beralih ke alternatif pengganti minyak goreng yakni menggunakan minyak kelapa untuk memasak.

Minyak kelapa bisa digunakan untuk menggoreng atau menumis. Bahkan kelebihannya bisa membuat masakan lebih beraroma.

Baca juga: 3 Cara Membuat Minyak Kelapa Murni, Ternyata Tidak Sulit

Berikut cara membuat minyak kelapa di rumah:

Bahan-bahan:

5 butir kelapa tua (yang biasa digunakan untuk membuat santan dan minta untuk sekalian dikupas dari batoknya).

1,2 liter air matang untuk memeras santan.

Cara membuat:

  1. Parut kelapa sampai halus, bisa menggunakan parutan kelapa, food processor atau blender.
  2. Rendam parutan kelapa di air matang dan siapkan saringan dari kain tipis. Peras parutan kelapa dengan saring santan sebanyak mungkin.
  3. Masukkan perasan santan ke panci besar dan masak dengan api kecil. Rebus hingga sedikit berbuih.
  4. Diamkan santan sampai ke suhu ruang. Setelah suhu dingin, pindahkan buih yang mengapung di panci. Ini merupakan lemak yang akan digunakan untuk membuat minyak kelapa.
  5. Di panci yang berisi buih atau lemak kelapa, panaskan panci lagi hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Setelah itu kecilkan api menjadi sedang dan biarkan dimasak lebih dari satu jam.
  6. Dalam proses ini, perlahan santan akan berubah menjadi minyak. Gumpalan ampas kelapa akan berubah warna keabu-abuan atau cokelat tenggelam di dasar panci.
  7. Dalam proses ini, minyak akan terus terpisah dan gunakan sendok untuk memisahkan keduanya, matikan api dan biarkan dingin. Jika sudah dingin minyak siap dipakai.

Perlu diketahui, minyak kelapa buatan sendiri memiliki masa pakai yang lebih pendek. Pastikan disimpan dalam wadah kaca dan tertutup rapat. Minyak ini bisa digunakan untuk menumis atau menggoreng.

Baca juga: 3 Pilihan Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.