Kompas.com - 22/03/2022, 05:00 WIB

KOMPAS.com - Kasus ibu yang membunuh anak kandungnya di Brebes memicu keprihatinan publik.

Satu anak meninggal dunia karena luka senjata tajam di lehernya, sedangkan dua lainnya dirawat di rumah sakit.

Peristiwa penganiayaan itu terasa semakin menyayat hati karena pengakuan pelaku soal motif tindakannya itu.

Wanita berusia 35 tahun itu mengaku tak ingin anaknya sedih dan menderita di dunia, seperti yang dialaminya, sehingga lebih baik dihilangkan nyawanya.

Kasus ibu bunuh anak di Brebes, potret pentingnya jaga kesehatan mental

Lucia Peppy Novianti, M. Psi, pakar psikologi forensik, menyatakan kasus ini benar-benar membuat dirinya, seperti banyak orang lainnya, tertegun dan speechless.

"Bahwa sampai ada seseorang yang punya pemikiran cara untuk menyelamatkan dengan melakukan tindakan yang penuh kekerasan pada anaknya sendiri," katanya kepada Kompas.com, Senin (21/03/2022).

Namun peristiwa tragis ini sekaligus sebagai gambaran akan persoalan kesehatan mental di masyarakat yang seringkali minim perhatian.

Baca juga: 4 Dampak Buruk Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Lucia mengatakan, masalah kesehatan mental bukan hanya terkait suatu tindakan yang di luar nalar, seperti tindakan penganiayaan di Brebes ini, namun juga kehidupan sehari-hari.

Seseorang dengan persoalan kesehatan mental seseorang bisa saja dalam kondisi mild atau ringan sehingga tetap bisa berfungsi sehari-hari.

"Namun kalau dibiarkan tidak dikelola maka bisa jadi lebih serius, menimbulkan persoalan, ketidakberfungsian, atau perkara yang lebih luas," jelasnya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.