Kompas.com - 25/03/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Bicara soal keselamatan dan risiko kebakaran di rumah, tampaknya hal ini tak lepas dari kebiasaan buruk yang kerap dilakukan penghuninya.

Menurut Electrical Safety First di Inggris, hampir semua kebakaran yang terjadi di rumah berawal dari kebiasaan buruk yang berasal dari dapur, korsleting listrik, hingga cara menggunakan barang elektronik.

Jangan ambil risiko. Pahamilah beberapa kebiasaan di rumah yang bisa menyebabkan kebakaran.

Baca juga: Cegah Kebakaran, Ini Tips untuk Mencegah Korsleting Listrik

1. Menggunakan barang elektronik tanpa pengawasan

Pernah menggunakan mesin cuci dan ditinggal semalaman? Entah karena baru sempat mencuci baju di malam hari atau kelelahan, kebiasaan ini perlu dihindari.

Mungkin sebagian dari kita pernah membiarkan barang elektronik menyala saat keluar rumah atau tidur. Kebiasaan ini sangat berisiko tinggi menimbulkan kebakaran.

Apalagi jika barang elektronik yang digunakan menggunakan energi panas saat bekerja.

Misalnya pengering pada mesin cuci (untuk beberapa produk), setrika, dan beberapa jenis peralatan lainnya.

Lebih baik siapkan ponsel untuk menyetel alarm setiap kali menggunakan alat elektronik tersebut untuk segera mematikan jika mesin sudah tidak lagi dibutuhkan.

2. Tidak rajin membersihkan barang elektronik di dapur

Penumpukkan kotoran yang berkerak hingga lemak pada barang elektronik, terutama yang ada di dapur bisa menyebabkan kerusakan barang yang memicu kebakaran.

Terutama pada penggunaan oven, microwave, kompor listrik dan alat dapur lain yang kerap digunakan untuk mengolah makanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.