Kompas.com - 28/03/2022, 09:45 WIB

KOMPAS.com - Jika menurunkan berat badan dalam waktu singkat adalah pilihan yang ideal, maka ada satu kebiasaan makan yang harus kita terapkan dalam rutinitas sehari-hari.

Menurut Medscape, dalam ulasan yang diterbitkan di Nature Review: Endocrinology, para peneliti melihat 21 penelitian berbeda dan menyimpulkan, diet puasa adalah cara efektif untuk menurunkan berat badan, setidaknya dalam jangka pendek.

Uji coba ini berlangsung sekitar 5-12 minggu yang melibatkan 10-150 peserta di berbagai wilayah, terutama di Amerika Serikat.

Baca juga: Diet Puasa Berdampak pada Kesehatan Mental, Bagaimana Bisa?

Hasilnya menunjukkan, berpuasa, makan dengan waktu terbatas, dan diet 5:2 semua dapat menurunkan berat badan sebanyak 3-8 persen selama 8-12 minggu.

"Temuan ini sangat mengesankan dan saya senang bahwa penelitian seperti ini sedang dilakukan," kata ahli diet di Balance One Supplements, Trista Best.

Di luar itu, Best juga mencatat, manfaat diat puasa yang melampaui penurunan berat badan.

Dia menilai, penelitian ini meletakkan dasar yang baik dalam mendorong calon pelaku diet untuk mengambil bagian dalam cara penurunan berat badan yang aman, serta berkelanjutan.

"Saat berpuasa, penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang selama jendela makan kita."

Baca juga: Diet Puasa, Amankah untuk Semua Orang?

"Jangan tergoda untuk beraktivitas lebih lama tanpa kalori, atau makan lebih sedikit kalori daripada yang kita butuhkan selama jendela makan," kata dia.

"Sebab, hal tersebut akan mengakibatkan metabolisme yang melambat, penurunan berat badan yang tidak terkontrol, dan pada akhirnya meningkatkan kembali risiko kenaikan berat badan," ujar dia.

Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.