Kompas.com - 02/11/2021, 14:34 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com – Dari sekian banyak pola diet yang menjadi tren, diet puasa atau Intermittent Fasting menjadi salah satu yang paling populer.

Memang, pola diet satu ini tidak membatasi kelompok makanan tertentu, membuat mereka yang melakukannya bisa memakan apa pun, asalkan dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Diet ini juga bisa dilanjutkan dengan diet lain seperti diet rendah karbohidrat dan keto untuk mempercepat prosses penurunan berat badan.

Nah, meski terbilang aman untuk dilakukan, apakah diet ini menguntungkan untuk semua orang?

Baca juga: 6 Metode Diet Puasa yang Jadi Primadona

Untuk mengetahui lebih dalam soal intermittent fasting dan manfaatnya, simak paparan dari coach Gaya Hidup dan Kesehatan Luke Coutinho, berikut ini.

Apa itu intermittent fasting?

Intermittent fasting sebenarnya hanyalah versi modifikasi dari cara puasa tradisional, dengan adanya periode makan dan puasa.

Biasanya, periode makan dalam diet jenis ini dilakukan dari 6-8 jam, diikuti oleh puasa selama 14-16 jam.

Jadi, seseorang yang mengikuti tren diet ini harus mengonsumsi semua kalori dalam sehari di dalam jendela makan dan berpuasa selama sisa periode tersebut.

Intermittent fasting terbagi dari beberapa jenis, misalnya 6/8, 14/10, puasa bergantian selang-seling dan lain-lain.

Baca juga: Diet Puasa Tak Terlalu Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

Pilihannya amat tergantung pada kebugaran fisik dan tujuan akhir yang ingin kita capai, entah itu menurunkan berat badan, atau hanya ingin mengontrol kadar gula darah, menurunkan kolesterol, hingga meningkatkan potensi umur panjang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.