Kompas.com - 29/03/2022, 14:43 WIB

KOMPAS.com - Para peneliti dari Chinese Academy of Sciences dan Liaoning Normal University menemukan manfaat bernostalgia untuk mengurangi rasa sakit.

Temuan itu didapat setelah para peneliti mengkaji 34 partisipan yang diminta melaporkan rasa sakitnya dari rangsangan panas sambil bernostalgia.

Partisipan yang terlibat studi disuguhkan beberapa hal yang dapat membangkitkan memori masa lalunya. Mereka diminta untuk melihat kartun, permainan masa kecil, dan permen jadul.

Selama partisipan diteliti, para peneliti juga menggunakan mesin pencitraan resonansi magnetik atau MRI untuk memindai mereka.

Para peneliti menemukan bahwa aktivitas mengamati gambar jadul yang memicu ingatan masa kecil dapat menurunkan rasa sakit yang dialami oleh partisipan.

Joe Yazhuo Kong, salah satu penulis studi menerangkan alasan di balik berkurangnya rasa sakit yang dialami partisipan hanya dengan bernostalgia.

"Dengan mengelola rasa ketidaknyamanan partisipan -daripada menghilangkan atau mengurangi rangsangan- mereka dapat membingkai ulang pengalaman yang menyakitkan," jelas Kong dikutip dari CNN.

Hasil studi yang juga diterbitkan dalam jurnal JNeurosci ini menemukan fakta bahwa nostalgia adalah emosi positif dominan yang mudah dirasakan manusia selama hidupnya.

Cara itu dikatakan Kong mampu membuat orang-orang merasa bahagia dan damai ketika melihat kembali foto-foto mereka saat berkumpul bersama teman atau keluarga.

Temuan yang didapat para peneliti di Chinese Academy of Sciences dan Liaoning Normal University setidaknya bisa menjadi penguat untuk studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology.

Baca juga: Kehadiran Pasangan Bisa Mengurangi Rasa Sakit Fisik, Apa Alasannya?

Halaman:
Sumber CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.