Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Rayakan Hari Dongeng: Bangun Literasi Anak Melalui Dongeng

Kompas.com - 31/03/2022, 09:35 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiani D. Putri

KOMPAS.com - Hingga kini, dongeng sebagai sarana pembelajaran dan hiburan untuk anak masih digemari. Dongeng menurut Cambridge Dictionary adalah sebuah cerita untuk anak-anak yang biasanya melibatkan makhluk imajiner dan sihir.

Untuk merayakannya, dibuatlah perayaan Hari Dongeng Sedunia pada 20 Maret. Dikutip dari Days of The Year, perayaan ini dimulai di Swedia pada 1991 ketika perayaan Alla Berattares Dag (Hari Semua Pendongeng).

Mengutip Kompas, kemudian pada Maret 2009, perayaan tersebut tersebar dan dirayakan di enam benua. Oleh karena itu, 20 Maret resmi ditetapkan sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Tak ketinggalan, siniar Dongeng Pilihan Orangtua yang bekerja sama dengan Puty Puar, ilustrator dan penulis, mengadakan webinar bertajuk “Jalin Komunikasi Kreatif Orangtua dan Anak Melalui Dongeng” dalam rangka menyambut Hari Dongeng Sedunia.

Puty Puar juga memublikasikan karyanya spesial untuk Hari Dongeng Sedunia dalam episode “Dongeng Pesta di Belantara Aksara” di siniar Dongeng Pilihan Orangtua.

Dengarkan juga episode lainnya bersama anak, agar orangtua bisa membangun kedekatan dengan anak melalui dongeng.

Lalu, sebenarnya dongeng bermanfaat apa sih bagi anak, selain sebagai media hiburan?

Membangun Literasi Anak Melalui Dongeng

Dalam KBBI, literasi sendiri bermakna kemampuan menulis dan membaca; serta kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Anak yang diberikan bacaan anak atau dongeng oleh orangtua sejak dini, membuat kemampuan literasi anak terasah.

Baca juga: Anak Sering Marah Tanpa Sebab? Mungkin Ini Penyebabnya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.