Kompas.com - 20/04/2022, 11:34 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, selalu ada segelintir siswa yang jenaka karena mereka memiliki selera humor yang tinggi.

Namun, meskipun siswa-siswa jenaka ini sering diberi label "badut kelas", tetapi mereka sebenarnya memiliki lebih dari sekedar kelucuan.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Humor: International Journal of Humor Research menemukan bahwa anak-anak yang menunjukkan rasa humor dengan sangat baik mungkin juga sangat cerdas.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengumpulkan 217 peserta siswa di kelas enam dan tujuh, yang semuanya berasal dari tujuh sekolah berbeda di sebuah kota besar di bagian barat tengah Turki.

Para peneliti kemudian mengukur kecerdasan mereka dengan Anadolu Sak Intelligence Scale.

Sebagian besar siswa berada dalam kisaran normal, sedangkan 8,3 persen berada di bawah kisaran normal dan 17,5 persen dianggap sangat cerdas.

Setelah tingkat kecerdasan di antara para siswa ditetapkan, para peneliti memberikan penilaian mengenai tingkat selera humor.

Sepuluh kartun diberikan kepada siswa, lima di antaranya tidak memiliki teks dan sisanya memiliki satu teks. Keterangan siswa dinilai oleh pakar humor yang menilai mereka untuk kelucuan dan relevansi.

Baca juga: Punya Selera Humor yang Gelap? Bisa Jadi Anda Jenius

Kecerdasan berkorelasi dengan humor

Ketika para peneliti membandingkan kecerdasan dan sifat humor para peserta, mereka menemukan bahwa kecerdasan umum sangat berkaitan dengan selera humor.

Anak-anak dengan penalaran verbal dan pengetahuan umum yang lebih tinggi cenderung memiliki selera humor yang juga lebih tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.