Humor Ternyata Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Sudah Tahu?

Kompas.com - 02/12/2020, 22:18 WIB
Ilustrasi tertawa shutterstockIlustrasi tertawa
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita semua tahu, bahwa tertawa adalah cara yang tepat untuk meredakan kecemasan di masa-masa sulit, memberi hiburan di saat-saat menegangkan, dan secara umum membuat hari lebih cerah.

Namun faktanya, tertawa lebih dari sekedar pendorong suasana hati. Studi menunjukkan, tertawa membantu kita belajar lebih cepat, menjadi lebih kreatif, bahkan bekerja lebih baik.

Dalam sebuah postingan The Conversation, seorang psikolog yang mempelajari studi humor, Janet Gibson mengatakan, tertawa juga merupakan alat yang ampuh dan menyenangkan untuk meningkatkan kecerdasan emosional kita.

Postingan tersebut memuat daftar panjang manfaat humor yang divalidasi secara ilmiah. Selain bertindak seperti antidepresan alami, humor adalah tanda kecerdasan emosional.

Gibson juga mempelajari bagaimana cara agar kita lebih banyak tertawa dalam hidup agar dapat menjadi cara efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

" Tertawa menciptakan ikatan dan meningkatkan keintiman dengan orang lain," ujarnya.

Baca juga: 7 Alasan untuk Lebih Banyak Tersenyum dan Tertawa

Humor, dengan kata lain, membutuhkan kepekaan terhadap perspektif dan emosi orang lain yang membantu memperkuat hubungan kita.

Gibson mengungkapkan bahwa kita sebenarnya dapat melatih kecerdasan emosional dengan sengaja menambahkan lebih banyak humor ke dalam hidup.

"Dengan berlatih tertawa setiap hari, kita dapat meningkatkan keterampilan sosial," jelasnya.

Ketika kita tertawa sebagai respons terhadap humor, kita akan berbagi perasaan dengan orang lain dan belajar dari respons yang diterima orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Inc.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X