Kompas.com - 30/04/2022, 05:00 WIB

KOMPAS.com - Tidak hanya untuk melengkapi gaya berpakaian sehari-hari, sneaker juga menjadi salah satu barang yang dapat dikoleksi.

Jadi, bukanlah hal yang aneh apabila beberapa sneaker terbilang langka dan memiliki harga yang fantastis.

Misalnya saja, sneaker edisi terbatas Yeezy sering kali dijual dengan harga lebih dari 10.000 dollar AS atau kira-kira Rp 144 juta.

Baca juga: Bantu Korban Perang Ukraina, Eks Astronot NASA Luncurkan Koleksi NFT

Hal ini disebabkan karena sneaker Yeezy memiliki nilai sejarah tersendiri, sama seperti sneaker milik Michael Jordan yang ikonik.

Kendati masih diminati sebagian orang, tampaknya pembelian sneaker secara fisik akan mengalami penurunan dalam beberapa waktu ke depan.

Terlebih lagi dengan terjualnya sepasang sneaker virtual milik Nike seharga 130.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Sneaker dalam bentuk non-fungible token (NFT) ini adalah koleksi Nike Dunk Genesis Cryptokicks dari 20.000 NFT yang diluncurkan oleh Nike dan RTFKT (diucapkan "artefak"), -desainer sepatu virtual yang dibeli Nike Desember lalu.

Baca juga: Jadi Sampul Majalah TIME NFT Pertama, Pangeran Kripto Ini Dihujat

Dari 20.000 koleksi, hanya ada 98 NFT yang hadir dengan jalur warna yang dirancang oleh seniman terkenal Takashi Murakami, sehingga menjadikannya barang koleksi yang langka.

Selain membeli RTFKT pada bulan Desember, Nike juga menciptakan Nikeland di Roblox, sebuah "metaverse" online yang sering dikunjungi jutaan orang setiap hari.

Koleksi NFT merek lainnya

Nike Dunk Genesis Cryptokick Nike/RTFKT Nike Dunk Genesis Cryptokick
Nike bukanlah satu-satunya merek yang meluncurkan koleksi NFT.

Baca juga: Nike Gugat Platform Jual Beli StockX Perkara NFT

Pada bulan Desember, Adidas juga merilis koleksi Into The Metaverse dari 30.000 NFT, yang bermitra dengan Bored Ape Yacht Club.

Sementara itu, rumah mode mewah Gucci juga meluncurkan koleksi NFT blue-chip untuk menempatkan pakaian Gucci di avatar Pudgy Penguins, World of Women, dan Bored Ape Yacht Club.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber cnet.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.