Kompas.com - 09/05/2022, 05:57 WIB

KOMPAS.com - Di dunia ini, ada beberapa wilayah yang disebut blue zone alias zona biru.

Mereka yang tinggal di zona biru dikenal sebagai centenarian atau orang-orang yang berumur panjang, karena hidup dengan usia lebih dari 100 tahun.

Populasi centenarian terkonsentrasi di lima wilayah zona biru, yaitu Ikaria (Yunani), Ogliastra Region (Italia), Nicoya Peninsula (Kosta Rika), Loma Linda (AS), serta Okinawa (Jepang).

Tentunya, tak sedikit dari kita yang penasaran mengetahui rahasia umur panjang orang-orang yang tinggal di kelima wilayah itu.

Selain lebih aktif bergerak dan makan makanan sehat setiap hari, ternyata ada satu praktik kuno nan sederhana yang bisa ditiru untuk memperpanjang usia: duduk di lantai.

Praktik ini dilakukan oleh orang-orang Okinawa, Jepang.

Baca juga: 10 Rahasia Panjang Umur Penduduk di Blue Zone, Mau Tiru?

Masyarakat Okinawa senantiasa duduk di lantai untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari, mulai dari beristirahat, membaca, berkumpul bersama orang terkasih, hingga makan.

Namun, apa kaitannya praktik makan di lantai dengan kesehatan dan vitalitas mereka?

Seperti dilansir situs bluezones.com, dalam sehari, orang Okinawa duduk di lantai dan berdiri berkali-kali lebih banyak daripada orang-orang dari wilayah lain di dunia.

"Cara ini melatih kaki, punggung, dan otot inti mereka secara alami saat mereka berdiri dan duduk sepanjang hari," demikian bunyi keterangan di situs tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.