Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2022, 05:57 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Di dunia ini, ada beberapa wilayah yang disebut blue zone alias zona biru.

Mereka yang tinggal di zona biru dikenal sebagai centenarian atau orang-orang yang berumur panjang, karena hidup dengan usia lebih dari 100 tahun.

Populasi centenarian terkonsentrasi di lima wilayah zona biru, yaitu Ikaria (Yunani), Ogliastra Region (Italia), Nicoya Peninsula (Kosta Rika), Loma Linda (AS), serta Okinawa (Jepang).

Tentunya, tak sedikit dari kita yang penasaran mengetahui rahasia umur panjang orang-orang yang tinggal di kelima wilayah itu.

Selain lebih aktif bergerak dan makan makanan sehat setiap hari, ternyata ada satu praktik kuno nan sederhana yang bisa ditiru untuk memperpanjang usia: duduk di lantai.

Praktik ini dilakukan oleh orang-orang Okinawa, Jepang.

Baca juga: 10 Rahasia Panjang Umur Penduduk di Blue Zone, Mau Tiru?

Masyarakat Okinawa senantiasa duduk di lantai untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari, mulai dari beristirahat, membaca, berkumpul bersama orang terkasih, hingga makan.

Namun, apa kaitannya praktik makan di lantai dengan kesehatan dan vitalitas mereka?

Seperti dilansir situs bluezones.com, dalam sehari, orang Okinawa duduk di lantai dan berdiri berkali-kali lebih banyak daripada orang-orang dari wilayah lain di dunia.

"Cara ini melatih kaki, punggung, dan otot inti mereka secara alami saat mereka berdiri dan duduk sepanjang hari," demikian bunyi keterangan di situs tersebut.

"Duduk di lantai juga memperbaiki postur tubuh serta meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan mobilitas secara keseluruhan."

Studi menunjukkan, memertahankan kebiasaan seperti yang dilakukan orang Okinawa ini dapat membantu kita hidup lebih lama.

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventative Cardiology menyebutkan, tidak mampu berdiri dan duduk di lantai dikaitkan dengan masa hidup yang lebih pendek.

Baca juga: Tips Memasak Ala Penduduk Zona Biru agar Panjang Umur

Kebanyakan dari kita --terutama yang bekerja dari rumah-- tampaknya hanya menghabiskan waktu di depan perangkat komputer atau laptop tanpa banyak bergerak.

Akibatnya, kita kehilangan kesempatan untuk bergerak secara aktif. Hal ini dapat berdampak negatif pada umur dan kesehatan kita.

Jadi, mengapa tidak meniru praktik yang dilakukan orang-orang Okinawa?

Ubahlah rutinitas kita dengan makan, berkumpul bersama anggota keluarga, atau mengikuti rapat Zoom dengan duduk di lantai. Tidak sulit, kan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com