Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 20:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa sangka jika menerbangkan pesawat kertas ternyata bisa menghasilkan rekor dunia?

Ya, trio penggemar pesawat kertas di Daegu, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan, berhasil meraih rekor dunia dari Guinness World Record pada 16 April 2022.

Mereka diketahui mampu memecahkan rekor dunia untuk menerbangkan pesawat dari kertas lipat dengan jarak yang paling jauh yakni sekitar 77,134 meter.

Baca juga: 36 Jam Bermain Ayunan, Richard Cetak Rekor Dunia

Pesawat kertas tersebut dirancang oleh Chee Yie Jian dari Malaysia, dilipat oleh Shin Moo Joon dari Korea Selatan, dan dilempar ke udara oleh Kim Kyu Tae dari Korea Selatan.

Lemparan itu pun mengalahkan penerbangan terjauh dari pesawat kertas milik quarterback Joe Ayoob dan perancang pesawat kertas John M. Collins dengan jarak 69,14 meter pada tahun 2012.

"Desain saya ditambah dengan modifikasi atau penyesuaian sayap Shin dan 'rocket arm' Kim sebagai kombinasi yang unggul."

"Jadi, saya tidak khawatir," kata Chee kepada Guinness World Records.

Baca juga: Gelar Pesta Minum Teh, Pendaki Gunung Everest Pecahkan Rekor Dunia

Chee membentuk tim "Shin Kim Chee" setelah upayanya di tahun 2019 untuk memecahkan rekor dunia gagal.

Dia bahkan belum pernah bertemu dengan dua teman satu timnya itu secara langsung, tetapi dia dan Shin hanya mengobrol satu sama lain, dan saling cocok selama bertahun-tahun.

"Komunitas pesawat kertas memang sangat kecil namun mendunia, karena semua orang mengenal satu sama lain secara online," ungkap Chee.

"Saya mengenal Shin hampir satu dekade sekarang dan kami terus-menerus mendiskusikan cara-cara baru untuk menerbangkannya lebih tinggi, lebih jauh, dan lebih lama melalui email maupun media sosial," sambung dia.

Baca juga: Rekor Dunia, Pria Ini Tonton Spider-Man: No Way Home 292 Kali

Trio ini tampaknya sepakat pada satu hal bahwa ketika mereka bekerja sebagai sebuah tim, maka mereka akan memecahkan rekor lagi.

"Saya percaya tim kami dapat melampaui 80 meter untuk rekor yang sama jika kami dapat mengakses tempat yang lebih luas," sebut Shin.

Dan, tampaknya Shin benar karena belum lama ini mereka bertiga nyaris membuat rekor untuk menerbangkan pesawat kertas dengan durasi terlama.

Di mana, dia melemparkan sebuah pesawat kertas yang tetap tinggi selama 26,7 detik, hanya 2,5 detik kurang dari pemegang rekor saat ini, Takuo Toda dari Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com