Kompas.com - 21/05/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Siapa sangka jika menerbangkan pesawat kertas ternyata bisa menghasilkan rekor dunia?

Ya, trio penggemar pesawat kertas di Daegu, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan, berhasil meraih rekor dunia dari Guinness World Record pada 16 April 2022.

Mereka diketahui mampu memecahkan rekor dunia untuk menerbangkan pesawat dari kertas lipat dengan jarak yang paling jauh yakni sekitar 77,134 meter.

Baca juga: 36 Jam Bermain Ayunan, Richard Cetak Rekor Dunia

Pesawat kertas tersebut dirancang oleh Chee Yie Jian dari Malaysia, dilipat oleh Shin Moo Joon dari Korea Selatan, dan dilempar ke udara oleh Kim Kyu Tae dari Korea Selatan.

Lemparan itu pun mengalahkan penerbangan terjauh dari pesawat kertas milik quarterback Joe Ayoob dan perancang pesawat kertas John M. Collins dengan jarak 69,14 meter pada tahun 2012.

"Desain saya ditambah dengan modifikasi atau penyesuaian sayap Shin dan 'rocket arm' Kim sebagai kombinasi yang unggul."

"Jadi, saya tidak khawatir," kata Chee kepada Guinness World Records.

Baca juga: Gelar Pesta Minum Teh, Pendaki Gunung Everest Pecahkan Rekor Dunia

Chee membentuk tim "Shin Kim Chee" setelah upayanya di tahun 2019 untuk memecahkan rekor dunia gagal.

Dia bahkan belum pernah bertemu dengan dua teman satu timnya itu secara langsung, tetapi dia dan Shin hanya mengobrol satu sama lain, dan saling cocok selama bertahun-tahun.

"Komunitas pesawat kertas memang sangat kecil namun mendunia, karena semua orang mengenal satu sama lain secara online," ungkap Chee.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.