Kompas.com - 27/05/2022, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Serial CoComelon saat ini menjadi tayangan favorit banyak anak di dunia karena kontennya yang menarik, cheerful, dan penuh warna.

Para orangtua lantas menjadikan serial yang ditokohi JJ, Yoyo, TomTom, dan Bingo itu sebagai tontonan wajib bagi buah hatinya untuk hiburan dan belajar.

Untuk diketahui bahwa CoComelon merupakan konten animasi tiga dimensi asal AS yang menceritakan petualangan JJ bersama saudara-saudaranya.

Konten tersebut disajikan dengan grafis, cerita, dan lagu-lagu yang ceria untuk membantu anak belajar huruf, angka, suara binatang, hingga pelajaran kehidupan.

Meski popularitasnya melejit hingga mampu mengumpulkan 136 juta subscriber di YouTube, sebagian orangtua ternyata mengkhawatirkan konten dari serial tersebut.

Pasalnya CoComelon diyakini sejumlah orangtua menyebabkan tantrum dan keterlambatan bicara pada anak.

Baca juga: Kurang Stimulasi dan Interaksi Jadi Pemicu Anak Terlambat Bicara

Seperti yang diungkap salah satu pengguna TikTok @sierrarenaeee. Ia menyebut anak laki-lakinya yang berusia dua tahun mengalami keterlambatan bicara dan kecanduan CoComelon.

"my 2 year old is speech delayed and addicted to cocomelon. switched to ms. rachel 2 days ago and he's already saying more worda and hasn't had any tantrums."

Kalimat itu ditulis @sierrarenaeee di salah satu konten TikTok-nya yang diunggah pada 12 Desember 2021 yang lalu.

Selain @sierrarenaeee, kekhawatiran senada juga diungkap pengguna TikTok lainnya @Sara yang menyebut CoComelon adalah konten yang buruk.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Parents
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.