Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Celah antara Oven dan Meja Dapur

Kompas.com - 03/06/2022, 15:49 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada begitu banyak sudut dan celah di dapur yang perlu kita perhatikan setelah memasak sesuatu. Misalnya saja, celah di antara meja dan oven. Pasalnya, kotoran dapat menumpuk di area ini.

Untungnya, membersihkan area tersembunyi rupamya tidak sulit. Kita hanya memerlukan beberapa barang, seperti pisau mentega, vacuum cleaner dan lap.

Lalu untuk mempermudah pekerjaan, kita bisa menggeser oven dari posisinya.

"Jika memungkinkan, geser oven keluar dari tempatnya dan lakukan pembersihan menyeluruh pada lantai, dinding, dan meja di sekitarnya," jelas Kathy Cohoon, direktur operasi waralaba Two Maids & A Mop, seperti dilansir dari Martha Stewart.

Setelah itu, Cohoon menyarankan untuk menyemprotkan semprotan pembersih serbaguna untuk membersihkan area yang kotor dari debu.

Nah, jika area antara meja dan oven cenderung sempit, Cohoon menyarankan unuk menggunakan pisau mentega atau sikat pembersih tipis untuk dimasukan ke dalam celah. Dengan ini, debu kering yang menempel pada makanan bisa hilang.

Namun jika celahnya cukup lebar, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan atau kotoran.

Setelah menghilangkan kotoran kering, semprotkan pembersih serba guna di celah antara oven dan meja. Kemudian, bungkus pisau mentega dengan kain lembut atau handuk kertas dan selipkan ke area tersebut.

Setelah itu, kita hanya perlu menggerakkan pisau ke atas dan ke bawah untuk menghilangkan berbagai kotoran.

Cohoon juga mengatakan untuk mengulangi langkah-langkah ini sesuai kebutuhan dan rutin menggunakan vacuum cleaner untuk membuat sudut-sudut dan celah di dapur bersih lebih lama.

Lalu, meski menutup celah atau sudut tertentu cukup menggoda, ada baiknya kita tidak melakukannya. Pasalnya, itu bisa berbahaya.

"Mengisi celah dengan dempul atau kain yang digulung untuk waktu yang lama bisa berbahaya karena masalah ventilasi dan panas," ujar Cohoon.

“Lebih baik, gulung sebuah kain dan letakkan di atas celah untuk mencegah sisa makanan tersangkut di sana,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com