Kompas.com - 15/06/2022, 12:29 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa ras anjing ternyata bisa menjadi teman baik bagi orang-orang yang sudah berusia di atas 50 tahun.

Apalagi, memiliki hewan peliharaan dapat memberikan segudang manfaat bagi orang lanjut usia (lansia), termasuk meningkatkan kesehatan emosional, mental, serta fisik.

Menurut jajak pendapat tentang penuaan yang sehat, sebanyak 86 persen pemilik hewan peliharaan berusia 50 hingga 80 tahun mengatakan bahwa hewan peliharaan mereka membuat mereka merasa dicintai.

Sementara 88 persen menjelaskan bahwa hewan peliharaan membantu mereka untuk menikmati hidup.

Nah, meskipun tidak semua anjing cocok untuk para lansia, namun perusahaan rumah perawatan Lottie menemukan bahwa anjing mendapat nilai tinggi sebagai hewan peliharaan terbaik untuk kesehatan mental, terutama jenis pug berwajah datar yang menjadi unggulan.

Ada pun anjing kecil lainnya yang ditemukan menjadi ras terbaik untuk mereka yang berusia 50 tahun ke atas adalah westie, shih tzu, dan cavalier.

"Sudah diketahui bahwa seiring bertambahnya usia, kita cenderung mencari kehidupan yang lebih tenang dengan kesenangan sederhana seperti berteman dengan teman berkaki empat di pedesaan," kata tim di Lottie.

"Studi kami menemukan bahwa anjing yang lebih kecil lebih disukai daripada ras yang lebih besar," lanjutnya.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kami telah merangkum dari berbagai sumber mengenai daftar ras anjing yang cocok untuk dipelihara orang-orang berusia di atas 50 tahun sebagai berikut.

1. Pug

Ilustrasi ras anjing Pug. PIXABAY/KATRINBECHTEL Ilustrasi ras anjing Pug.
Pug memang dikenal sangat menyukai makanan dan tidak akan berhenti makan, yang cenderung membuatnya menjadi kelebihan berat badan obesitas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.