Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 22/12/2022, 12:02 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjing adalah salah satu hewan yang paling menyenangkan untuk menjadi sahabat manusia. Maka, tidak heran jika banyak orang memilih anjing sebagai hewan peliharaan.

Meski demikian, tidak semua ras anjing dapat dilatih dengan mudah, dan jika anjing yang kita pelihara tidak berperilaku baik, hewan ini bisa menjadi sumber stres yang besar.

Anjing juga dapat memiliki segala macam perilaku yang tidak diinginkan seperti selalu menggonggong, menarik tali, merusak barang-barang di rumah, dan tidak bersosialisasi dengan baik dengan orang atau hewan lain.

Jadi, pelatihan yang tepat sangat penting bagi setiap hewan peliharaan, apakah itu akan membuatnya menjadi sahabat keluarga, anjing penolong, anjing pendukung emosional, atau anjing penjaga.

"Anjing peliharaan kita perlu mengetahui kepatuhan dasar," kata kepala pelatih di perusahaan pelatihan anjing Zoom Room, Courtney Briggs.

"Misalnya memberikan instruksi seperti "duduk, diam, ayo, dan turun" adalah keterampilan penting yang harus kita kuasai sebelum membawa anjing ke lingkungan yang tidak dikenal dan aktivitas yang tidak dikenal," sambung dia.

Selain itu, ketika kita berpikir untuk membawa hewan peliharaan baru ke dalam hidup kita, pertimbangkan dulu ras mana yang paling mudah dilatih karena naluri dan kecerdasan berperan dalam melatih anjing.

Dengan pelatihan yang dilakukan secara rutin, anak anjing mana pun — dari ras anjing yang paling cerdas hingga pembelajar yang lebih lambat — biasanya dapat mempelajari dasar-dasarnya.

Baca juga: Ini 10 Jenis Anjing Terkuat, Ingin Memeliharanya?

Nah, melansir dari laman Reader's Digest, berikut ini terdapat tujuh daftar anjing yang paling mudah untuk dilatih dan jadi hewan peliharaan yang penurut.

1. Border collie

Ilustrasi ras anjing Border Collie.PIXABAY/JACUELINE GALAND Ilustrasi ras anjing Border Collie.
Border collie merupakan anjing yang cerdas dan energik. Sering ditemukan di wilayah perbatasan Skotlandia, collie adalah anjing yang gesit, cerdas, dan hebat dalam hal penggembalaan.

Namun, perlu diingat bahwa border collie membutuhkan banyak waktu, perhatian, dan aktivitas khusus. Ini sepadan dengan usahanya sebagai salah satu ras anjing paling setia dan penurut.

Co-founder dan CEO of Healthy Paws Foundation, Rob R. Jackson pun merekomendasikan untuk fokus pada latihan pispot, perintah seperti "duduk" dan "diam", serta bersosialisasi untuk membantu anak anjing collie terbiasa dengan orang, hewan, maupun situasi baru.

2. German shepherd

Ilustrasi anjing German shepherdUnsplash/Reba Spike Ilustrasi anjing German shepherd
Anjing ini dikenal sebagai pemandu untuk orang buta, anjing penjaga, dan anjing penggembala.

"German shepherd adalah anjing yang juga paling mudah dilatih untuk pekerjaan dan kehidupan keluarga," terang ahli perilaku hewan, Mary Burch, PhD.

Tidak heran, anjing ini adalah salah satu ras paling populer karena memiliki naluri pelindung yang kuat. Jadi, penting untuk melatihnya sejak dini.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com