Kompas.com - 22/10/2021, 10:29 WIB
Ilustrasi anjing ras penarik kereta salju. Sejak ribuan tahun, nenek moyang anjing ras seperti Husky dan Malamut telah membantu manusia menarik beban di atas daratan bersalju. SHUTTERSTOCK/Sergey KrasnoshchokovIlustrasi anjing ras penarik kereta salju. Sejak ribuan tahun, nenek moyang anjing ras seperti Husky dan Malamut telah membantu manusia menarik beban di atas daratan bersalju.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Selain kucing, anjing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler, bahkan disebut teman terbaik manusia.

Tidak mengherankan memang. Sebab, bukan hanya dapat menemani kita, anjing juga bisa  membantu mengerjakan berbagai aktivitas, mulai dari menjaga rumah, menggembala ternak, atau berburu karena beberapa jenis anjing memiliki tenaga yang luar biasa kuat.

Nah, bagi kamu yang mencari jenis anjing yang tidak hanya bisa dijadikan teman, deretan anjing terkuat menurut American Kennel Club berikut ini bisa kamu pelihara.

1. Tibetan Mastiff

Anjing Tibetan Mastiff Anjing Tibetan Mastiff
Ras anjing paling kuno di dunia ini rupanya meripakan salah satu ras anjing terkuat loh.
Tibetan Mastiff memang sering digunakan untuk menjaga rumah di Himalaya karena fisiknya yang kuat dan gigitannya yang dapat memberikan tekanan seberat 249 kg.

Baca juga: Tibetan Mastiff, Anjing Termahal di Dunia yang Mirip Singa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Saint Bernard

Ilustrasi anjing ras Saint Bernard. PIXABAY/SARKA JONASOVA Ilustrasi anjing ras Saint Bernard.
Saint Bernard memang sering disebut “gentle giant” karena sering tak menyadari kekuatannya sendiri. Karena itulah, American Kennel Club merekomendasikan agar pemilik Saint Bernard melatih anjingnya untuk mencegahnya agar tak sengaja membuat orang pingsan.

3. Kangal

Anjing kangal Anjing kangal
Anjing kuat lainnya adalah Kangal. Anjing asal Turki dengan gigitan kuat ini biasanya dijadikan anjing penjaga yang tak kenal takut.

4. Rottweiler

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.