Kompas.com - 20/06/2022, 14:31 WIB

KOMPAS.com - Thailand tengah mengembangkan inovasi baru untuk mencegah penularan Covid-19 melalui nasal spray semprotan hidung.

Rencananya, nasal spray tersebut mulai tersedia pada September 2022 dan bisa digunakan untuk umum.

Semprotan hidung untuk mencegah penularan Covid-19 itu merupakan proyek kolaborasi dari para ahli farmasi dan sejumlah universitas ternama di Negeri Gajah Putih.

Di antaranya adalah tenaga medis di Universitas Chulalongkorn, Universitas Silpakorn, Institut Penelitian Sistem Kesehatan (HSRI), Organisasi Farmasi Pemerintah (GPO), dan Siam Bioscience.

Perwakilan dari masing-masing institusi menandatangani perjanjian pada 28 Februari 2022 untuk bersama-sama mengembangkan semprotan hidung, yang bertujuan mendorong inovasi dan upaya penelitian Thailand agar memenuhi standar internasional.

Baca juga: Update Corona 12 Agustus: Uji Coba Vaksin Melalui Semprotan Hidung di Thailand

Wakil Direktur (GPO) Rangsee Patlee mengatakan, semua bahan baku yang digunakan untuk membuat semprotan hidung ini telah mendapat sertifikasi dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. 

Selain itu, ada pula sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) sebagai perangkat medis yang aman digunakan secara luas. 

"Karena fasilitas kami sudah memenuhi persyaratan ISO untuk distribusi pasokan medis. Kami dapat menjamin bahwa nasal spray anti-Covid ini aman dan berkualitas,"

Demikian kata Rangsee, seperti dilansir New Straits Times.

Baca juga: Apakah Nasal Spray dapat Mencegah Covid-19?

Dalam pencegahan penularan Covid-19 di Thailand, pemerintah setempat tak cuma membuat inovasi semprotan hidung anti-Covid.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.