Kompas.com - 27/06/2022, 08:27 WIB

KOMPAS.com - Banyak perusahaan asal Jerman yang dikenal karena keahliannya dalam menciptakan alat yang presisi.

Jerman juga menjadi rumah bagi sejumlah pembuat jam ternama. Sebut saja A. Lange & Sohne, Glashutte Original, hingga Moritz Grossman.

Namun, merek jam Jerman tampaknya masih kalah pamor dari brand asal negara tetangganya, Swiss.

Dengan merek-merek semacam Omega, Patek Philippe, Audemars Piguet, Breitling, Jaeger-LeCoultre, Roger Dubuis, hingga Richard Mille, wajar jika Swiss selalu dianggap sebagai kiblat dalam pembuatan jam tangan dunia.

Baca juga: Rekor, Kamera Leica Berusia 1 Abad Laku Rp 222 Miliar

Padahal kenyataannya, dalam merancang jam tangan, hampir semua watchmaker Swiss mengandalkan satu perusahaan dari Jerman, yaitu Leica.

Leica berpengaruh besar terhadap perkembangan fotografi modern dan kerap disebut-sebut sebagai produsen optik presisi yang berkualitas tinggi.

Optik presisi inilah yang senantiasa diandalkan oleh para pembuat jam Swiss.

Tanpa adanya perangkat mikroskop, kaca pembesar, atau lensa dari Leica, mungkin industri jam tangan Swiss tidak akan eksis seperti sekarang.

Belum lama ini, Jamie Weiss, jurnalis DMarge berkesempatan mengunjungi pabrik Jaeger-LeCoultre di Vallee de Joux di utara Jenewa, Swiss.

Baca juga: Omega Seamaster Planet Ocean Ultra Deep, Jam Tangan Selam 6.269 Meter

Selama berada di sana, ia menemukan betapa banyaknya perangkat Leica yang digunakan JLC untuk mendesain arloji perusahaan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.