Kompas.com - 01/07/2022, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Hari-hari indah bersama mantan memang sulit dilupakan, bahkan ketika kita sudah lama putus dengannya.

Terkadang, meski sudah berusaha untuk move on, kenangan manis bersama mantan selalu datang, membuat kita ingin kembali menjalani hubungan dengannya.

Sayangnya, membuat mantan kembali pada kita bukan hal mudah.

Bahkan tak jarang, hubungan justru menjadi canggung setelah kita berhasil balikan dengan mantan.

Namun jika kita benar-benar ingin kembali ke pelukan mantan, penelitian yang dilakukan oleh Jennifer L. Bevam, Kenzie A. Cameron, dan Megan R. Dillow pada tahun 2003, mungkin bisa membantu.

Baca juga: Trik Psikologis agar Mudah Melupakan Mantan dan Segera Move On

Dikutip dari laman Psychology Today, penelitian tersebut mengeksplorasi berbagai strategi untuk bisa kembali pada mantan.

Mula-mula, para peneliti meminta para partisipan untuk menggambarkan perpisahannya dengan mantan, dan lalu mendiskusikan apa yang akan mereka lakukan jika ingin berdamai.

Selain itu, para partisipan pun diminta menceritakan tentang siapa yang bertanggung jawab atas insiden putus dalam hubungan, dan seberapa yakin mereka bisa kembali pada si mantan.

Dari tanggapan tersebut, Bevan, Cameron, dan Dillow menyimpulkan, empat strategi yang dianggap mampu membuat hati mantan melunak.

  • Atur suasana hati mantan

Langkah pertama dalam mendapatkan kembali mantan adalah mengajaknya ke tempat yang dia sukai, guna mengatur suasana hatinya agar lebih mudah berdamai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.