Kompas.com - 25/07/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Penyakit endometriosis menjadi masalah reproduksi yang ditandai dengan kondisi mirip nyeri haid bagi perempuan. 

Sekitar 10 persen perempuan pada usia reproduksi matang berisiko menderita penyakit yang satu ini.

Bahkan dalam studi terbaru yang diterbitkan oleh Jurnal American Stroke Association, perempuan yang mengidap endometriosis memiliki risiko mengalami stroke.

Lantas apa itu endometriosis?

Dikutip dari laman Medical News Todayendometriosis adalah gangguan pada jaringan yang melapisi bagian dalam rahim, tumbuh di luar rahim.

Gangguannya sering melibatkan ovarium, saluran tuba dan jaringan yang melapisi bagian panggul.

Penyakit ini membuat jaringan mirip endometrium bertindak seperti jaringan yang menebal dan mengakibatkan "pendarahan" setiap kali siklus menstruasi.

Ketika itu terjadi, maka jaringan itu seolah terjebak dan terperangkap di dalam tubuh. Sehingga pengangkatan melalui operasi menjadi salah satu cara memulihkannya.

Meski penyebabnya belum banyak diketahui, namun faktor genetik, sistem kekebalan tubuh, sel endometrium yang menyebar diduga menjadi penyebab utama.

Baca juga: Mengenal Rasa Nyeri Akibat Endometriosis

Akibat pertumbuhannya yang abnormal, endometriosis telah dikaitkan dengan beberapa gangguan penyakit lain yang tak cuma nyeri. 

Pada penelitian sebelumnya di tahun 2016, para peneliti telah menemukan endometriosis dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

"Penelitian sebelumnya dari tim kami mengamati hubungan antara endometriosis dan peningkatan risiko hipertensi, kolesterol tinggi dan infark miokard."

Demikian kata Leslie Farland, Sc.D., seorang asisten profesor epidemiologi dan biostatistik dari University of Arizona.

Kemudian yang terbaru, kata peneliti, ada keterkaitan antara endometriosis dan risiko stroke.

Baca juga: Halsey Keluar Masuk Rumah Sakit Pascaoperasi Endometriosis

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.