Kompas.com - 27/07/2022, 19:13 WIB

KOMPAS.com - Jenama fesyen lokal, Sejauh Mata Memandang berupaya konsisten pada prinsip keberlanjutan yang diusungnya sejak awal.

Berbagai item yang dihasilkan merupakan bentuk slow fashion yang tetap menjaga lingkungan dan mengurangi sampah pada proses produksinya.

Chitra Subyakto, selaku pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang juga rutin berbagi ilmu serta berbagai tips dalam merawat Bumi dengan berbagai cara.

Termasuk ketika menghadirkan Sejauh Rumah Kita, tempat belajar slow living bersama sejumlah komunitas lokal di Yogyakarta, sejak 8 Juli lalu hingga 4 September mendatang.

Berlokasi di Rumah Simbah Studio, NG I / 1301 Jl Kp. Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta 55261, Sejauh Rumah Kita menjadi tempat untuk berbagi ilmu dan praktik sustainability.

Misalnya kegiatan belajar bersama upcycle dan recycle bersama Chitra Subyakto yang dihadiri 30 peserta pada Sabtu, (16/07/2022) lalu.

Chitra berbagi cara untuk lebih bertanggung jawab terhadap barang-barang di sekitar kita, salah satunya pakaian, yang sering kali tidak dipedulikan dan berakhir menjadi sampah.

Baca juga: Debut di Artjog 2022, Sejauh Mata Memandang Singgung Isu Kepunahan

Ia memberikan sejumlah ide yang bisa diaplikasikan untuk agar pakaian lawas bisa dimanfaatkan kembali.

"Saya sendiri biasanya memanfaatkan kembali pakaian yang tidak terpakai menjadi kantong belanja, sarung bantal, atau mainan untuk binatang peliharan saya," katanya, dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Jika ada pakaian yang berlubang atau sobek namun masih layak pakai, saya biasanya menjahitnya kembali atau ditambal dengan kain perca untuk menambahkan aksen agar terlihat lebih menarik."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.