Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Apa Itu Haute Couture dalam Dunia Fashion?

Kompas.com - 15/08/2022, 13:38 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Pernahkah kalian memesan pakaian yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran tubuh? Atau justru desain yang disesuaikan keinginan kalian?

Dalam dunia fashion, hal itu disebut sebagai haute couture. Dalam siniar Semua Bisa Cantik edisi Rahasia Cantik bertajuk "Haute Couture" arti istilah ini merujuk pada busana yang diproduksi sesuai dengan keinginan pembeli.

Awal Mula Haute Couture

Istilah ini berasal dari bahasa Prancis. Haute berarti tinggi atau elegan, sementara couture berarti menjahit. Haute couture digunakan untuk menunjukkan proses merancang, membuat, dan menjual pakaian perempuan bermodel tinggi yang dibuat khusus.

Sebut saja merek-merek terkenal dengan eksklusivitas, seperti Coco Chanel, Christian Dior, dan Pierre Cardin.

Adapun haute couture dipopulerkan Paris’s Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). Mereka mempopulerkan istilah ini guna mempertahankan standar budaya mode Paris serta mendukung dan memelihara desainer yang memiliki keahlian dan kualitas.

Awalnya, haute couture sangat populer di kalangan orang-orang borjuis sebelum abad ke-20. Namun, setelahnya, mulai banyak bermunculan pakaian fast fashion yang menyebabkan keberadaan busana couture semakin terpinggirkan.

Baca juga: Pakai Sunscreen atau Day Cream Dulu, Ya?

Untuk mengakalinya, FHCM merevolusi inklusivitas haute couture. Kini, mereka justru sering mengadakan pameran di media sosial untuk memberikan inspirasi pada pakaian fast fashion.

Pengklasifikasian Fashion Haute Couture

Tak semua bisnis fashion bisa diklasifikasikan sebagai haute couture. Sebelumnya, suatu bisnis harus tergabung dalam Syndical Chamber for Haute Couture di Paris yang telah diatur oleh Departemen Perindustrian Prancis.

Kemudian, bisnis tersebut harus memiliki pegawai sebanyak 15 orang atau lebih dan mempresentasikan koleksi mereka dua kali dalam setahun. Presentasi itu harus menampilkan setidaknya 35 pakaian terpisah yang digunakan pada siang dan malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.