Kompas.com - 20/09/2022, 07:31 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menerapkan pola hidup sehat mungkin menjadi solusi yang paling sering ditawarkan untuk membantu mengatasi masalah batu ginjal.

Biasanya, mereka yang memiliki batu ginjal juga disarankan untuk minum banyak air putih dan minum obat yang dapat mengendurkan otot-otot di saluran kemih untuk mempercepat proses pengeluaran batu.

Jika batu menjadi terlalu besar, proses pembedahan diperlukan untuk mengeluarkannya secara manual atau memecahnya menjadi potongan-potongan kecil.

Tapi, terlepas dari semua metode itu, apakah kita pernah mengetahui atau mendengar klaim bahwa berhubungan seks juga ternyata mampu menangani masalah kesehatan yang satu ini?

Nah, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menyebutkan bahwa berhubungan seks secara rutin dapat memiliki manfaat yang potensial terhadap masalah batu ginjal.

Studi berjudul "Pleasurable ways to spontaneously expulse distal ureteral stones" yang dilakukan oleh tim dokter urologi di Universitas Airlangga di Surabaya, Indonesia, itu pun meneliti efek orgasme dan ejakulasi pada penderita batu ginjal.

Baca juga: 4 Akibat Kurang Bercinta, Apa Saja?

Hasil studi tentang manfaat hubungan seks untuk batu ginjal

Dalam studi tersebut, para dokter meninjau lima studi berbeda yang melibatkan 406 peserta untuk sampai pada kesimpulan mereka.

Peserta diberi instruksi untuk melakukan hubungan seks atau masturbasi tiga sampai empat kali setiap minggu, atau menahan diri untuk tidak melakukan salah satu aktivitas tersebut.

Dari hasil studi, para dokter pun menemukan bahwa orgasme dan ejakulasi dapat menyebabkan kontraksi maupun relaksasi leher kandung kemih yang dapat membantu mengeluarkan batu ginjal.

Karena, pada saat otot-otot rileks, urin — bersama dengan batu ginjal — dapat dengan mudah melewati uretra.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.