Kompas.com - 26/09/2022, 17:49 WIB

KOMPAS.com – Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan micin atau monosodium glutamat (MSG) sebagai penyedap dan penguat merupakan hal lumrah. Pasalnya, zat ini bisa menghasilkan rasa gurih sehingga mampu menyulap makanan menjadi lebih nikmat dan menggugah selera.

Akan tetapi, dari segi kesehatan, MSG tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membatasi konsumsi MSG pada tiap orang sebesar 6 gram per hari. Sementara, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) membatasi asupannya sebesar 5 gram per hari untuk tiap orang.

Apabila dikonsumsi secara berlebih, MSG memberikan efek samping yang tak terhindarkan. Dampaknya bisa mengganggu kesehatan sehingga berujung pada penurunan produktivitas.

Lantas, apa saja efek samping asupan MSG berlebih? Simak penjelasan berikut.

1. Sakit kepala

Salah satu efek samping asupan MSG berlebih adalah sakit kepala. Apabila Anda mengalami sakit kepala dengan sensasi menusuk setelah mengonsumsi makanan tertentu, terdapat indikasi bahwa makanan tersebut terlalu banyak mengandung MSG.

Perlu diketahui, asupan MSG yang berlebih bisa memicu pelebaran pembuluh darah sehingga terjadi aktivitas-aktivitas tidak normal pada saraf-saraf otak. Alhasil, saraf di otak terstimulasi secara berlebihan. Dampaknya adalah rasa sakit di kepala.

Jika dibiarkan dan konsumsi MSG tak segera dibatasi, kondisi tersebut dapat mematikan neuron, yakni sel-sel saraf pada otak. Akibatnya, fungsi otak pun terganggu.

Sakit kepala akibat konsumsi MSG berlebih juga bisa dirasakan oleh anak. Hal ini membuat anak sulit berkonsentrasi karena rasa sakit kepala yang dialaminya.

2. Tekanan darah naik

MSG mengandung asam glutamat yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat pembuluh darah menyempit dan melebar.

Penyempitan dan pelebaran tersebut dalam menyebabkan lonjakan tekanan darah yang signifikan. Oleh karena itu, tekanan darah akan cenderung lebih tinggi ketimbang biasanya setelah mengonsumsi asupan MSG yang berlebih.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.