Kompas.com - 03/10/2022, 21:13 WIB

SEOUL, KOMPAS.com – Industri jam tangan terus berevolusi seiring perkembangan zaman.

Jam tangan dengan tipe mekanis dan quartz kini bersaing dengan jam tangan pintar (smartwatch) yang dibuat sejumlah brand teknologi ternama.

Namun Mido, pembuat jam tangan yang berasal dari Swiss, masih setia memproduksi jam tangan mekanis dengan tipe otomatis.

Chief Executive Officer (CEO) Mido Franz Linder menuturkan, pihaknya tidak memiliki rencana untuk membuat jam tangan pintar atau smartwatch.

“Bukan itu sebenarnya, bukan itu yang ingin kami lakukan. Sekarang, ambisi kami adalah untuk menghasilkan arloji yang indah, kebanyakan otomatis,” kata Franz, dalam wawancara dengan wartawan Indonesia, termasuk Kompas.com di Seoul, Korea Selatan, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Gandeng Kim Soo Hyun, Mido Luncurkan Jam Tangan Ocean Star GMT Special Edition

Mido Ocean Star GMTMido Mido Ocean Star GMT
Untuk diketahui, ada dua tipe jam tangan mekanis, yaitu manual dan otomatis.
Untuk jenis manual, kita harus memutar crown atau kenop di sisi samping jam agar jarum jam bergerak.

Sedangkan, jenis otomatis akan bergerak secara otomatis karena dilengkapi mesin yang bisa menyimpan tenaga saat pemakainya menggerakkan pergelangan tangan.

Franz menuturkan, 90 persen dari produksi jam tangan Mido adalah jam tangan otomatis. Sementara 10 persennya lainnya adalah jam tangan kuarsa atau quartz.

“Kami benar-benar khusus jam tangan mekanik, di mana kami juga memiliki kualitas yang sangat tinggi dengan gerakan yang sangat tepat,” ujar dia.

Mido, kata Franz, menawarkan arloji terbaik yang dapat ditemukan pecinta jam tangan dalam industri ini dengan harga yang terjangkau.

Prodak jam tangan Mido juga menawarkan keunggulan dari sisi daya tahannya yang lama alias awet.

“Jadi keabadian, dan jika Anda membeli Mido, Anda dapat menggunakannya untuk selama satu dekade, bahkan memberikannya kepada generasi berikutnya, ini adalah produk mekanis emosional,” ujar dia.

Baca juga: 3 Tahun Jadi Brand Ambassador Mido, Ini Kata Kim Soo Hyun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.