Kompas.com - 06/10/2022, 06:50 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dari semua masalah rambut, kemungkinan ketombe adalah yang paling menyebalkan.

Betapa tidak, selain dapat membuat kulit kepala terasa gatal, ketombe juga bisa mengotori pakaian, yang akan terlihat jelas saat kita memakai baju berwarna gelap. Tentu, ini akan menurunkan rasa percaya diri dan bikin malu.

Kaena itu, banyak orang yang mencari-cari berbagai cara dan tips unuk mengatasi ketombe, mulai dengan bahan dan poduk kecantikan yang tersedia di pasaran hingga bahan alami.

Bahan alami yang dianggap dapat mengatasi ketombe pun cukup beragam, dan baking soda adalah salah satunya.

Baking soda sendiri memang sering diunakan sebagai obat gatal karena memiliki kandungan anti jamur di dalamnya.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi yang diterbitkan di jurnal PubMed.gov pada tahun 2005 menemukan bahwa 31 oang penderita psoriasis mengaku bahwa rasa gatal dan iritasi yang dideritanya berkurang setelah berendam dengan larutan baking soda.

Baca juga: Masalah Ketombe, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi baking soda. Shutterstock/Geo-grafika Ilustrasi baking soda.
Lebih lanjut, sampai saat ini masih belum ada penelitian apapun yang mengungkapkan bahwa baking soda dapat mengatasi ketombe, meski ada beberapa laporan yang mengatakan hal sebaliknya.

Menariknya, penelitian justu membuktikan bahwa baking soda dapat merusak rambut dan membuat kulit iritasi.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di PubMed Central pada 2014, ditemukan bahwa kadar pH pada rata-rata kulit kepala adalah 5,5 dan pH kebanyakan batang rambut adalah 3,67, yang perlu tetap seimbang agar rambut tetap sehat.

Lalu, penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa baking soda memiliki tingkat pH 9 dan menyimpulkan bahwa sampo dengan tingkat pH tinggi dapat mengakibatkan peningkatan masalah rambut berikut:

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.