Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2022, 16:31 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aquascape merupakan seni menciptakan taman dalam sebuah akuarium, yang biasanya memadukan antara tanaman air, bebatuan, kayu, dan ikan-ikan hias guna menambah kecantikannya.

Biasanya, ikan yang dipilih untuk menghiasi akuarium aquascape adalah ikan hias berukuran kecil. Mulai dari tetra hingga ikan guppy.

Ikan-ikan hias itu hadir dalam berbagai warna, sehingga dapat dimanfaatkan para penghobi untuk membuat aquascape sesuai dengan kreatifitas mereka masing-masing.

Nah, mari mengenal berbagai jenis ikan untuk aquascape yang bisa dijadikan pilihan, seperti tujuh ikan untuk aquascape yang dilansir dari Aquarium Info, berikut ini.

  • Ember tetra

Ilustrasi ikan ember tetra Ilustrasi ikan ember tetra
Ember tetra adalah salah satu ikan untuk aquascape paling populer berkat warna ember alias oranye terang dan ukurannya yang mungil. Aquascape yang kita miliki pun akan terlihat lega karena ikan ember tetra tidak memakan banyak tempat.

Ember tetra yang cocok untuk akuarium dengan pH rendah ini juga biasanya berenang berkelompok, sehingga menghasilkan warna-warna indah, mempercantik aquascape kita.

Baca juga: 8 Jenis Ikan Aquascape yang Bisa Mempercantik Akuarium

  • Cardinal tetra

Ilustrasi ikan neon tetra jenis Cardinal Tetra.WIKIMEDIA COMMONS Ilustrasi ikan neon tetra jenis Cardinal Tetra.
Belum cukup puas dengan terangnya warna oranye ember tetra? Maka pilihlah cardinal tetra, ikan untuk aquascape yang tak kalah cerah dan populer.

Ikan berwarna biru dengan perut berwarna merah neon ini memang memiliki warna yang lebih cerah dibanding ember tetra, meski harganya pun lebih mahal dan dapat tumbuh hingga cukup besar.

Cardinal tetra juga dapat berumur lebih panjang jika dibandingkan dengan spesies tetra lainnya, sehingga kita tak perlu menggantinya dengan ikan jenis lain untuk waktu yang cukup lama.

Namun perlu diingat, sebaiknya belilah akuarium besar, karena selain senang berenang berkelompok, cardinal tetra dapat tumbuh hingga 3,8cm.

  • Neon tetra

Ilustrasi ikan neon tetra.SHUTTERSTOCK/TTONN Ilustrasi ikan neon tetra.
Jika dilihat sepintas, neon tetra memiliki warna yang sangat mirip dengan cardinal tetra. Bedanya, warna merah neon tetra tidak berada di area perut, melainkan memanjang dari ujung mulut ke ujung ekor, sementara perutnya memiliki warna putih keperakan.

Ukuran maksimalnya pun berbeda. Neon tetra sedikit lebih kecil, hanya mencapai 2,5cm saja.

Lalu sebagai ikan untuk aquascape, neon tetra memiliki harga yang terbilang murah, sehingga cukup populer di kalangan penghobi.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini 12 Perbedaan Aquascape dan Akuarium Biasa

  • Harlequin tetra/harlequin rasbora

Ilustrasi ikan rasbora harlequin. SHUTTERSTOCK/JOAN CARLES JUAREZ Ilustrasi ikan rasbora harlequin.
Harlequin rasbora juga merupakan ikan untuk aquascape yang populer karena ukurannya yang mungil dan warnanya yang terlihat memantulkan cahaya.

Belum lagi, ikan ini memiliki sedikit warna rose (pink muda) yang kontras dengan garis berbentuk L warna hitam yang ada di punggungnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com