Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Kopi Istimewa di Starbucks Reserve Yogyakarta

Kompas.com - 21/11/2022, 05:55 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Starbucks reserve pertama dibuka di Pakuwon Mall Yogyakarta tepatnya di lantai dasar Pakuwon Mall.

Reserve adalah gerai yang bisa disebut istimewa karena menyajikan kopi-kopi langka, sekaligus memungkinkan pengunjung menikmati kopi dengan cara berbeda.

Barista di gerai Reserve juga memiliki keahlian lebih tentang kopi sehingga kita dapat berdiskusi atau memesan kopi tertentu dengan cara penyeduhan yang kita inginkan.

Yogyakarta menjadi kota ke-8 di Indonesia yang memiliki gerai Starbucks Reserve, dan gerai ini menjadi Reserve ke 18 di Indonesia. 

Pembukaan gerai tidak hanya sekedar seremonial pembukaan tetapi para tamu undangan juga diajarkan bagaimana cara menikmati kopi dengan benar oleh Coffee Master.

Caranya adalah mencium terlebih dahulu aroma kopi, lalu perlahan menyesap kopi, dan diarahkan ke ujung lidah. Dengan cara ini, kopi dengan keanekaragaman rasa dapat dirasakan.

“Memilih kota ini sebagai lokasi gerai Starbucks Reserve yang ke-18 di Indonesia untuk menutup tahun 2022 merupakan langkah strategis yang esensial bagi kami dan juga bagi para pelanggan yang sudah tak sabar untuk mengeksplorasi kopi bersama barista-barista terlatih di gerai ini,” ungkap Anthony McEvoy, pimpinan PT Sari Coffee Indonesia – pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesi, Jumat (18/11/2022).

Dia menjelaskan, gerai Starbucks Reserve merupakan gerai yang spesial, karena barista harus menguasai teknik-teknik yang unik untuk memberikan pengalaman minum kopi bagi konsumen.

Teknik menyeduh kopi yang ada di gerai ini juga bermacam-macam untuk memberikan pengalaman yang berbeda-beda.

“Gerai Reserve sendiri sangatlah spesial bagi Starbucks karena di sini kami mendorong keterampilan para barista mengembangkan teknik-teknik yang unik dalam menikmati kopi sebelum akhirnya bereksperimen dengan kopi sebagai bentuk seni — lewat teknik menyeduh, aging, infusing, dan memadukannya menjadi kreasi yang imajinatif dan seringkali mengejutkan,” tambahnya.

Starbucks sudah memulai perjalanannya lebih dari 40 tahun yang lalu agar kopi arabika premium dapat diakses oleh semua orang sambil mengembangkan budaya hubungan antar-manusia.

Salah satu pengalaman unik yang ditawarkan di gerai Reserve adalah Master Class yang bisa diberikan oleh para barista kepada pelanggan yang ingin mengenal dan menikmati kopi lebih dalam.

Di sini para Coffee Master bisa secara langsung memberikan kelas seperti berbagai sejarah dasar tentang kopi, teknik menyeduh kopi atau brewing hingga latte art.

Kelas interaktif ini akan menawarkan pengalaman unik yang berfokus pada interaksi pelanggan dengan barista, dan tentunya kopi.

Menarik kan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com