Kompas.com - 25/11/2022, 14:18 WIB

KOMPAS.com - Meditasi adalah praktik yang melibatkan fokus atau penjernihan pikiran menggunakan kombinasi teknik mental dan fisik.

Meditasi juga diandalkan sebagian orang sebagai teknik untuk mengubah kesadaran yang terbukti bermanfaat bagi kesejahteraan psikologis.

Ada beberapa jenis meditasi yang dapat dilakukan, seperti meditasi spiritual, meditasi cinta kasih, dan meditasi transendental.

Di samping itu, ada pula meditasi mindfulness yang disebut-sebut dapat menurunkan stres dan memperkuat hubungan.

Baca juga: 3 Cara Melakukan Meditasi Rumah, Tidak Perlu Keluar Uang

Apa itu meditasi mindfulness?

Meditasi mindfulness yang belakangan ini dibicarakan sebagian orang adalah teknik yang menggabungkan konsep meditasi dan mindfulness.

Ada pun, mindfulness adalah kemampuan dasar bagi orang untuk berfokus pada situasi saat ini dan apa yang mereka lakukan.

Bisa dibilang mindfulness membantu orang menyadari apa yang terjadi di sekitarnya sambil tetap terhubung dengan pikiran dan batin.

Ketika mereka melakukan miindfulness, teknik ini membuatnya tidak bereaksi berlebihan atau kewalahan karena situasi yang menyebabkan stres.

Jenis meditasi yang satu ini juga melibatkan eksplorasi berbagai sensasi yang dihasilkan, seperti bernapas atau menghirup aroma tertentu.

Manfaat meditasi mindfulness

Jenis meditasi apa pun sesungguhnya bermanfaat bagi tubuh supaya pikiran jernih dan pikiran tetap tenang jika dilakukan secara konsisten.

Baca juga: 4 Alasan Meditasi Bisa Mencegah Migrain

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.