Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 09:26 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Membeli sepatu berdasarkan desain dan modelnya saja sebenarnya sebenarnya tidak cukup. Ada banyak komponen lain yang harus diperhatikan dan salah satu diantaranya adalah aspek kenyamanannya.

Bagaimana tidak, pastinya kita ingin merasa nyaman saat beraktivitas menggunakan sepatu bukan? Terlebih, sepatu yang sesuai akan menghindari terjadinya lecet, rasa sakit di bagian kaki, nyeri, hammertoe, pengerasan kulit, dan potensi penyakit lainnya.

Nah, mengingat pentingnya faktor kenyamanan dalam sebuah sepatu, dalam kegiatan berjudul “World of Comfort” di Senayan City Mall, Kamis (24/11/22), Skechers Indonesia memberikan edukasi pentingnya memilih sepatu yang sesuai. Percakapan tersebut dibawakan langsung oleh Dr.Langga Sintong, SpOT(K).

Baca juga: Kenali Tipe Telapak Kaki Sebelum Memilih Sepatu

Memahami bentuk kaki

Menurut Dr.Langga, terdapat empat tips yang bisa diterapkan ketika hendak memilih sepatu. Pertama, pahami terlebih dahulu bentuk, ukuran, serta karakteristik kaki sendiri. Misalnya dari segi telapak kaki, apakah pronasinya netral atau datar, dan sebagainya.

Memilih sepatu sesuai kegunaan

Setelah itu, kamu harus menentukan kegunaan dari sepatu yang dicari. Sepatu untuk kasual, berjalan jauh, atau untuk berolahraga, tentunya memiliki karakter berbeda-beda. Jika tidak sesuai, bisa jadi sepatumu akan lebih cepat rusak serta membuat kaki sakit.

Membeli di waktu yang tepat

Selanjutnya, waktu membeli sepatu juga berpengaruh. Periode terbaik untuk membeli sepatu adalah di sore hari. Mengapa? Karena setelah kita beraktivitas, kaki pada umumnya akan membengkak lebih besar.

Dengan demikian, kamu jadi tahu seberapa besar pembengkakan yang akan terjadi pada kaki kamu dan tinggal disesuaikan ukurannya.

Nah berbeda hasilnya jika kamu membeli sepatu dengan keadaan belum banyak berjalan. Bisa jadi ketika sudah dikenakan, alas kaki baru itu terasa sempit.

Mencoba dengan kaos kaki

Terakhir, Dr.Langga juga merekomendasikan untuk membawa sepatu dan kaos kaki yang biasa kamu kenakan. Mengingat, ketebalan kaos kaki turut berpengaruh terhadap ukuran sepatu nan nyaman.

Di sisi lain, sepatu yang biasa kamu pakai bisa dijadikan perbandingan sekaligus patokan ukuran serta model seperti apa yang cocok dengan kaki kamu.

Baca juga: Bagaimana Memilih Sepatu Lari yang Tepat?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.