Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 16:29 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit kering dan gatal adalah gejala utama yang paling sering dirasakan oleh orang-orang dengan eksim atau dermatitis atopik.

Sayangnya, menggaruk dapat mengiritasi kulit dan memperburuk kondisinya.

Untuk itu, mengikuti rencana perawatan yang tepat dapat meredakan gejala eksim seperti mengurangi rasa gatal.

Baca juga: 4 Pengobatan Eksim yang Bisa Dilakukan di Rumah, Apa Saja?

"Eksim bisa sulit diobati karena penghalang kulit berubah dan perlu diperbaiki, serta dilindungi dari kerusakan lebih lanjut," jelas ahli dermatologi di Central Dermatology Center Chapel Hill, di North Carolina, Dr Beth Goldstein, MD.

Menurut Goldstein, pengobatan rumahan yang alami juga dapat membantu proses ini dan mengurangi rasa gatal, kering, dan bersisik pada kulit.

"Banyak pasien saya selama bertahun-tahun menghindari pengobatan steroid untuk eksim karena efek sampingnya dan bereksperimen dengan pengobatan rumahan yang lebih alami," ungkapnya.

"Harapannya adalah bahwa pengobatan alami bisa bekerja bersama-sama dengan pengobatan yang diresepkan oleh dokter kulit untuk menjaga agar gejala tetap terkendali."

Baca juga: 9 Tips Mudah Redakan Gejala Eksim yang Kambuh

"Pengobatan-pengobatan ini mungkin tidak sepenuhnya berhasil, namun cukup masuk akal untuk dicoba," sambung dia.

Obat gatal alami untuk eksim

Lebih lanjut, ahli dermatologi pun merekomendasikan sejumlah obat gatal alami untuk eksim, seperti yang dilansir dari laman Everyday Health berikut ini.

1. Minyak alami

Dokter spesialis kulit dari Weill Cornell Medicine di New York, Dr Hadley King, MD, mengatakan bahwa minyak kelapa adalah pelembap yang sangat baik karena kaya akan trigliserida.

"Salah satu kandungan utamanya adalah asam laurat yang memberikan sifat antibakteri dan antijamur. Minyak kelapa juga memiliki sifat antioksidan," terangnya.

Menurut tinjauan penelitian yang diterbitkan pada bulan Agustus 2018 di jurnal Pediatric Dermatology, minyak kelapa biasanya digunakan oleh penderita dermatitis dan telah terbukti sebagai pelembap yang efektif membantu mengatasi kulit kering dan gatal.

Baca juga: 4 Bahan Skincare yang Bisa Meredakan Gejala Eksim

Pilihan lainnya adalah minyak biji bunga matahari yang membantu menstimulasi produksi ceramide alami tubuh secara internal sehingga meningkatkan skin barrier dan mencegah eksim sejak dini.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa penggunaan minyak biji bunga matahari topikal dapat menjaga stratum korneum — lapisan terluar kulit — dan meningkatkan hidrasi tanpa menyebabkan eritema (kemerahan dan iritasi pada kulit).

"Demikian pula, tea tree oil memiliki sifat antijamur, antimikroba, antiinflamasi, dan antibakteri yang dapat membantu meringankan gejala dermatitis atopik," ungkap penulis studi Pediatric Dermatology.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com