Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menata dan Mengatur Koleksi Buku agar Lebih Rapi

Kompas.com - 14/02/2023, 14:23 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski zaman sudah maju dan buku elektronik sudah bisa diakses dengan mudah, tak sedikit orang yang lebih suka mengoleksi buku fisik.

Sayangnya, mengoleksi buku fisik bisa sangat merepotkan. Bahkan tak jarang, buku bisa tercecer di mana-mana karena sulit diatur.

Belum lagi, terkadang ada buku yang sudah selesai dibaca, namun kita masih sayang untuk membuangnya, membuat lemari penuh dan makin berantakan.

Namun tenang saja, sebenarnya ada cara mudah untuk mengatur dan merapikan buku fisik agar tidak tercecer dan mudah dicari saat dibutuhkan.

Dikutip dari Martha Stewart, langkah pertama yang perlu dilakukan saat mengatur dan merapikan buku adalah menyortir buku berdasarkan kategori, lalu meninjaunya.

"Biasanya setelah meninjau isinya, akan mudah untuk merelakan buku semacam How to Use the Very First iPhone," kata professional organizer di House to Home Organizing, Ben Soreff.

Soreff pun menambahkan, buku yang masih berada dalam kondisi baik bisa didonasikan. Misalnya, ke perpustakaan, badan amal, atau panti asuhan.

Baca juga: 10 Tips Menata Lemari Pakaian agar Ruangannya Lebih Luas

Setelah itu, kita bisa mulai mengatur dan merapikan lemari buku dengan menyusunnya dengan cara berikut.

Atur berdasarkan warna

Setelah mengetahui buku mana saja yang akan disimpan, mulailah mengatur cara kita menyimpan buku.

Salah satu teknik merapikan buku yang bisa digunakan adalah dengan mengaturnya berdasarkan warna.

Trik ini bukan hanya dapat membuat susunan buku terlihat cantik, tapi juga membuatnya mudah dirapikan bagi mereka yang memahami sesuatu berdasarkan visualisasi dan lebih mudah dirawat.

"Melihat sesuatu berdasarkan warna akan lebih mudah dibandingkan menilai sesuatu berdasarkan genre," ujar pendiri House of Prim, Meredith Goforth.

Untuk mengatur buku berdasarkan warna, kita hanya perlu menatanya berdasarkan warna pelangi, dimulai dari warna putih dan diakhiri dengan warna hitam.

Metode ini bisa jadi cara yang bagus untuk memberi warna pada rumah kita, terutama jika lemari buku kita nampak kusam.

Tumpuk buku

Jika kita sulit menyimpan buku secara vertikal karena terlalu besar, maka kita bisa menyimpannya dengan cara menumpuknya. Buku yang disimpan secara vertikal pun bisa diletakkan di sebelahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com