Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

"Childfree" dalam Sudut Pandang Feminis dan Kesehatan

Kompas.com - 24/03/2023, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio dan Rizky Nauvalif

KOMPAS.com - Istilah childfree sempat jadi perbincangan ketika seorang penulis dan pegiat media sosial, Gitasav mengungkapkan bahwa ia memutuskan untuk childfree.

Akibatnya, childfree pun menjadi bahan diskusi di berbagai media sosial. Ketidakhadiran anak menimbulkan perdebatan di masyarakat terkait kebebasan memiliki keturunan. Banyak publik figur dan akademisi tertarik dengan topik ini.

Dwik dan Kukuh pun membicarakan fenomena ini dalam siniar Balada +62 episode “Kukuh Setuju Pendapat Gitasav tentang Childfree?!” dengan tautan akses dik.si/Balada62E4. Namun, apa sebenarnya maksud childfree?

Childfree’ dalam Feminisme

Melansir Heylawedu, istilah childfree mengacu pada keputusan seseorang atau pasangan untuk tak memiliki anak atau keturunan.

Selain itu, Cambridge Dictionary pun mendefinisikan istilah childfree sebagai kondisi ketika seseorang atau pasangan memilih untuk tak memiliki anak.

Psikolog Fakultas Psikologi Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Ratna Yunita Setiyani Subardjo menjelaskan childfree adalah istilah untuk menyebut orang yang tak memiliki anak.

Istilah ini pun lebih dikenal oleh kalangan feminis. Menurut buku Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan dalam Timbangan Islam karya Siti Muslikhati, dijelaskan bahwa feminisme adalah gerakan yang memiliki tujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender secara kualitatif.

Gerakan feminisme memperjuangkan perubahan di berbagai bidang, termasuk relasi gender. Kondisi tersebut kemudian memicu feminis untuk membuat beberapa gerakan, di antaranya adalah keputusan seseorang untuk childfree.

Baca juga: Tips Menjadi Sosok Orangtua yang Baik bagi Anak

Keputusan ini digunakan untuk memilih kebebasan perempuan untuk menjadi seorang ibu atau mengalami proses kehamilan hingga melahirkan. Namun, sebenarnya keputusan tersebut bersifat sangat personal.

Kenapa Seseorang Memilih ‘Childfree’?

Dikutip dari Gramedia, Dr. Tri Rejeki Andayani memaparkan meskipun keputusan childfree bersifat sangat personal, namun sebaiknya keputusan tersebut melibatkan pasangan dan kedua anggota keluarga besar.

Jika keputusan childfree tak dapat diterima, akan muncul risiko tekanan sosial bagi pasangan tersebut. Namun, apabila diterima, pasangan pun akan lebih mudah menghadapi tekanan sosial di keluarga atau di masyarakat.

Meskipun ada risiko, umumnya keputusan childfree juga dipilih karena berkaitan dengan masalah lingkungan. Beberapa perempuan atau pasangan menilai bahwa populasi penduduk dunia semakin meningkat.

Baca juga: Meditasi: Cara Ampuh Atasi Insomnia

Dr. Tri Rejeki Andayani pun membahas terkait perspektif teori perkembangan dari Erikson. Dalam teori tersebut, Erikson memaparkan bahwa setiap orang akan memasuki tahap stagnan versus generativitas.

Artinya, orang yang stagnan cenderung kesulitan untuk menemukan cara dalam berkontribusi dalam kehidupan. Namun, generativitas akan mendorong seseorang untuk peduli kepada orang lain sehingga menciptakan usaha untuk mencapai hal yang dapat membuat dunia menjadi tempat lebih baik, termasuk melalui pernikahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com