Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2023, 10:34 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Finlandia telah memegang gelar sebagai negara paling bahagia selama enam tahun berturut-turut.

Status ini mungkin membuat banyak warga negara lainnya penasaran dengan kehidupan di negara Nordik ini.

Untuk menjawab hal tersebut, pemerintah Finlandia kini menawarkan kursus kebahagiaan selama empat hari untuk 10 orang secara gratis, yang akan digelar pada Juni mendatang.

"Pertanyaan yang sering kami dapatkan adalah: 'Bagaimana Anda begitu bahagia?'" kata Heli Jimenez, direktur senior pemasaran internasional di Business Finland.

Baca juga: Laporan Kebahagiaan Dunia 2023 Dirilis, Finlandia Teratas, Indonesia?

"Kami percaya kebahagiaan Finlandia berasal dari hubungan dekat dengan alam dan gaya hidup kami yang membumi: ini bukan keadaan mistis, tetapi keterampilan yang dapat dipelajari dan dibagikan."

Pemerintah Finlandia berpendapat, masyarakat lokal puas dengan kehidupannya karena rendahnya tingkat kejahatan dan korupsi, layanan publik yang efisien, dan akses ke alam.

Hal ini yang ingin ditularkan ke masyarakat dunia termasuk kegemaran warga Finlandia menikmati sauna dan wisata ke hutan pinus.

"Kami telah memilih pelatih terbaik, salah satu resor paling menakjubkan di Finlandia, dan waktu di awal musim panas di tengah alam Finlandia yang indah untuk kelas master kami," kata Jimenez.

"Kami merasa ini adalah kesempatan yang sangat unik untuk menemukan sesuatu yang luar biasa dan berharga: siapa pun yang ingin tahu pasti harus mendaftar," pesannya.

Dewan Pariwisata Finlandia juga menjanjikan kursus ini nantinya juga akan tersedia secara online sehingga semakin banyak orang bisa belajar hal tersebut.

Baca juga: 3 Perilaku yang Tidak Dilakukan Warga Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Materi kursus kebahagiaan di Finlandia

Kursus kilat kebahagiaan akan dibagi menjadi empat tema utama yakni makanan dan kesejahteraan, kesehatan dan keseimbangan, desain, serta alam dan gaya hidup dengan pelatih yang berbeda.

Digelar pada 12-15 Juni, peserta diharapkan tiba sehari sebelumnya lalu diajak menginap di Kuru Resort, sebuah resor mewah di wilayah Lakeland Finlandia dikelilingi oleh hutan pinus dengan pemandangan yang menakjubkan.

Setiap peserta akan mendapatkan vila masing-masing dengan jendela panorama, serta sauna dan spa pribadi.

Baca juga: Cara Mudah Berbahagia Seperti Warga Finlandia

Pemadangan danau di Finlandia.Dok. Shutterstock/nblx Pemadangan danau di Finlandia.
Karena program ini menekankan tidur yang baik dan detoksifikasi digital, penyelenggara mengatakan, vila tidak memiliki TV (walaupun WiFi dalam kamar akan tersedia) dan dengan tempat tidur yang dirancang oleh spesialis tidur.

Baca juga: 7 Kebiasaan Harian untuk Meningkatkan Kebahagiaan, Mau Coba?

"Setiap detail [di] resor dirancang untuk membantu Anda bersantai dan bersantai - termasuk wewangian, suara, dan material," ujar penyelenggara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com