Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2023, 12:46 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - TikTok meluncurkan kampanye Ramadhan bertajuk #SerunyaBareng untuk memeriahkan ibadan puasa tahun ini.

Berbagai program dan kegiatan seru dijalankan mulai 20 Maret hingga 23 April mendatang yang bisa dinikmati para pengguna media sosial ini.

Kemeriahan perayaan Ramadhan ini termasuk challenge konten kreatif di TikTok, berinteraksi dengan kreator dan selebritas papan atas di TikTok LIVE, hingga berbelanja di TikTok Shop.

Baca juga: TikTok Bakal Batasi Screen Time Anak di Bawah 18 Tahun

"Melalui kampanye #SerunyaBareng, kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk merasakan serunya kebersamaan di bulan Ramadan melalui interaksi kreatif yang terjadi di dalam aplikasi," kata Mahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operations, TikTok Indonesia dalam jumpa media secara virtual, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan, antusiasme pengguna TikTok selama Ramadhan cukup tinggi, terbukti peningkatan jumlah view hingga 70 persen dan jumlah unggahan video hingga 66 persen pada tahun lalu.

Berikut daftar program #SerunyaBareng yang hadir di TikTok selama Ramadhan ini.

  • Remake lagu "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya"

Perayaan Ramadan di TikTok tahun ini dimeriahkan dengan jingle yang terinspirasi dari lagu "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya" karya grup legendaris, Bimbo.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Ada Anak Bertanya pada Bapaknya - Bimbo

Mahwari mengatakan, lagu legendaris ini dipilih karena lekat dengan kenangan Ramadhan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Sosok Bimbo yang berkiprah selama puluhan tahun di dunia musik juga dianggap memiliki penggemar lintas usia yang cukup banyak di TikTok.

  • Web series 12 episode

Untuk pertama kalinya, TikTok akan merilis konten eksklusif Ramadan berupa web series bertajuk Ramadan Indah.

Diperankan oleh sejumlah kreator TikTok, serial ini akan berkisah soal pengalaman anak perempuan bernama Indah saat menjalani puasa bersama keluarganya.

Baca juga: TikTok Diblokir di Banyak Negara, Ada Apa?

  • Belanja

Tangakapan layar TikTok Shop untuk tutorial cara mengecek troli belanja (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Tangakapan layar TikTok Shop untuk tutorial cara mengecek troli belanja (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)
Pengguna juga bisa menikmati pengalaman berbelanja kebutuhan puasa dan Lebaran lewat TikTok Shop dengan berbagai promo menarik.

Baca juga: TikTok Shop Makin Digemari Warganet di Asia Tenggara untuk Belanja Online

Bertajuk Ramadan PASti Berkah (20 Maret-5 April), THR PASti Melimpah (6-11 April), dan Lebaran PASti Meriah (12-14 April), akan ada berbagai livestream interaktif dan katalog produk di tab Shopping Center berisi flash sale, diskon, hingga game seru dengan hadiah utama berupa perjalanan umrah.

  • Karnaval Ramadan

Program yang isiarkan langsung setiap minggu ini akan menghadirkan kolaborasi kreatif dari kreator secara live.

Baca juga: 6 Tips Sukses Berjualan di Live TikTok

Selain itu, ada juga program "Ngabuburit LIVE" yang berisi tips dan inspirasi setiap hari menjelang waktu berbuka, serta pertunjukan musik dengan penampilan spesial dari kreator dan selebritas Indonesia serta game seru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com