Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review yeedi Floor 3, Robot Pembersih Lantai yang Tak Ragu Masuk ke Kolong

Kompas.com - 03/05/2023, 11:56 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Membersihkan rumah seringkali menjadi tugas yang dihindari karena melelahkan. Tidak heran bila banyak orang menyerahkan tugas ini kepada asisten rumah tangga.

Namun ketika teknologi semakin maju, ada pilihan lain yang lebih praktis, yakni menggunakan robot untuk menggantikan manusia menyapu dan mengepel lantai.

Salah satu robot pintar yang memiliki kemampuan ini adalah yeedi Floor Station 3 terbaru yag bisa membersihkan dan memetakan lantai rumah karena dilengkapi kamera ToF (Time-of-Flight).

Kamera ini mampu mengukur jarak antara sensor dan obyek, sehingga robot tidak menabrak benda-benda yang ada di depannya.

Selain kameranya yang canggih, apa saja yang disematkan pada robot yeedi?

Hal yang paling utama tentu saja adalah kemampuannya membersihkan lantai. Dengan daya sedot hingga 5.100 Pa, robot mop vacuum cleaner ini mampu membersihkan debu secara menyeluruh. Sedangkan bantalan pel yang berputar membuat lantai bersih dengan cepat.

Desain

Robot yeedi Floor 3 dan stationnyaKompas.com/Wisnubrata Robot yeedi Floor 3 dan stationnya
Robot yeedi dan stasiunnya hadir dalam warna putih mengkilap. Warna putih dengan aksen emas rose ini bukan tanpa tujuan. Saat robot dan stasiunnya diletakkan di ruangan, keduanya dapat berpadu dengan baik di ruangan dengan warna apapun karena putih cenderung netral.

Bagian atasnya memiliki tutup, untuk menyembunyikan tangki pengumpul debu sebesar 400 ml. Lalu ada tangki air 200 ml di bagian belakang perangkat untuk keperluan mengepel, dan 3 sikat samping di setiap sisi yang memungkinkan robot mengubah arah lebih mudah dan membersihkan lantai lebih efisien.

bagian bawah Robot yeedi Floor 3, terlihat penghisap debu dan bantalan pel yang berputarKompas.com/Wisnubrata bagian bawah Robot yeedi Floor 3, terlihat penghisap debu dan bantalan pel yang berputar
Beberapa review produk serupa seringkali menyoroti ketidakmampuan robot membersihkan tempat sempit. Namun pada yeedi floor 3, berkat kamera time-of-flight (ToF) di bagian depan, robot ini bisa memiliki dimensi lebih datar --tingginya 84 mm dengan diameter 350 mm-- daripada pesaingnya yang menggunakan kamera LiDAR.

Ukuran ini membuatnya lebih lincah saat membersihkan tempat sempit, seperti lantai di antara kaki-kaki kursi maupun kolong di bawah lemari.

Kemudahan pemakaian

Robot yeedi Floor 3 dengan stationnyaKompas.com/Wisnubrata Robot yeedi Floor 3 dengan stationnya
Beberapa orang biasanya ragu menggunakan robot pembersih karena khawatir kesulitan pemasangan dan pengoperasian. Namun hal ini sebenarnya tidak perlu ditakutkan karena mesin jaman sekarang sudah canggih.

Pada yeedi Floor 3 Station hampir semua komponen sudah terpasang saat kita menerimanya dalam box. Kita hanya perlu memasang bantalan pel pada robot, dan papan jalur pada stationnya, tanpa menggunakan alat apapun.

Jangan lupa juga membuka stiker yang menutupi kameranya agar ia bisa melihat. Pada awal pengujian, kami sempat lupa membuka stiker penutup kamera ini, tapi ternyata robot tetap bisa bekerja memetakan ruang, bahkan menemukan stationnya dengan mudah.

Tentu saja setelah stiker penutup dicopot, ia bekerja dengan lebih presisi dan lincah.

Nah, setelah station terhubung ke daya listrik, kita dapat mulai mengkonfigurasi pengaturan menggunakan aplikasi Yeedi, yang dapat didownload untuk perangkat Android dan iOS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com