Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2024, 11:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Ketika kamu sudah menjalin hubungan untuk waktu yang lama, bukan tidak mungkin sutau saat akan muncul rasa bosan dan kering. 

Meski rasa jenuh adalah hal yang wajar, namun dalam hubungan asmara, rasa ini bisa menjadi destruktif ketika benih kebosanan itu tumbuh menjadi sikap apatis. Jika tidak diatasi, perasaan bosan dapat memicu berakhirnya suatu hubungan.

“Kebosanan dalam suatu hubungan bukanlah akhir segalanya, tapi ini adalah peringatan bahwa hubunganmu perlu diperbaiki,” kata Jacquie Del Rosario, EdD, konsultan pernikahan di AS kepada Best Life. 

Ia menjelaskan, kebosanan cenderung muncul ketika fase bulan madu memudar dan masing-masing mulai menjalani rutinitas sehari-hari. “Kebosanan adalah fase alami, dan bagaimana mengatasinya adalah kunci hubungan yang berkembang,” jelasnya.

Baca juga: 11 Ide Topik Pembicaraan Sama Pacar agar Tidak Bosan 

Cara mengatasi kebosanan dalam hubungan

1. Temukan kembali minat bersama

Dr. Jacquie mengatakan bahwa salah satu cara terbaik untuk menghidupkan kembali minat satu sama lain adalah dengan menjalin ikatan pada hal-hal yang kalian sukai lakukan bersama. Menemukan kembali minat bersama bisa menjadi cara ampuh untuk menyalakan kembali api asmara, katanya.

“Cara ini biasanya berhasil karena memanfaatkan kegembiraan awal yang menyatukan kalian dan menciptakan pengalaman baru yang positif,” katanya kepada Best Life.

2. Prioritaskan waktu bersama yang berkualitas

Selanjutnya, Dr. Jacquie mengatakan bahwa memprioritaskan waktu berkualitas bersama adalah hal yang penting ketika kamu ingin mengatasi kebosanan dalam hubungan. Kalian dapat memasak makanan bersama, keluar rumah, menghadiri pertemuan sosial, atau sekadar menjadwalkan waktu bebas ponsel untuk ngobrol.

“Di tengah kesibukan, mendedikasikan momen bermakna satu sama lain akan memupuk hubungan,” katanya. "Ini efektif karena memperdalam keintiman emosional, mengingatkan kalian berdua tentang alasan pertama kali jatuh cinta."

3. Mencoba hal-hal baru bersama

Cara lain untuk mengatasi kebosanan dalam hubungan adalah dengan mengubah rutinitas sehari-hari dengan sedikit spontanitas.

“Mencoba hal-hal baru ke dalam rutinitas bisa membawa perubahan besar. Bisa jadi dengan melakukan aktivitas baru, mengeksplorasi ide kencan yang berbeda, atau bepergian ke tempat yang belum pernah dikunjungi,” kata Dr. Jacquie. "Kebaruan menjaga hubungan tetap segar, mencegah monoton."

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Bosan Saat LDR, Saling Beri Kejutan

4. Berkomunikasi secara terbuka

Komunikasi adalah landasan dari semua hubungan. “Pasangan sering kali meremehkan hal ini,” kata Dr. Jacquie. Dengan mendorong diri untuk berkomunikasi lebih terbuka dan meminta pasangan  melakukan hal yang sama, kalian mungkin mencapai kedalaman baru dalam kebersamaan.

“Ungkapkan secara eksplisit kepada pasangan apa yang menggairahkanmu, keinginan, impian, dan fantasimu,” sarannya. “Ini bisa berhasil karena menumbuhkan pemahaman dan memunculkan kebutuhan yang tidak terucapkan ke permukaan.”

5. Tumbuh bersama

Terkadang kebosanan yang kamu rasakan dalam hubungan tidak ada hubungannya dengan pasangan, melainkan lebih karena stagnasi kamu sendiri. Dr Jacquie merekomendasikan berinvestasi dalam pengembangan pribadi bersama, yang akan membantu kamu tumbuh baik secara individu maupun sebagai pasangan.

“Bersama-sama, kamu dapat menghadiri pelatihan, membaca buku panduan dan pengembangan diri, atau memulai perjalanan pembelajaran bersama. Hal ini tidak hanya meningkatkan ikatan kalian tetapi juga memperkenalkan dimensi baru pada hubungan,” catat pelatih pernikahan.

Jacquie menambahkan bahwa ketika kebosanan diabaikan, hal itu dapat dengan cepat menyebabkan ketidakpuasan dalam hubungan, dan bahkan putusnya hubungan tersebut. 

“Mengatasi permasalahan ini secara proaktif memungkinkan pasangan untuk berevolusi, menemukan kembali satu sama lain, dan membangun hubungan yang bertahan dalam ujian waktu,” katanya.

Baca juga: Ternyata, Bosan dengan Pasangan adalah Hal Normal, Ini Alasannya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com