Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2024, 08:22 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya hidup sehat kini tengah menjadi fokus kebanyakan orang. Essential oil atau minyak esensial merupakan salah satu sarana yang biasanya digunakan orang-orang untuk memulai hidup sehat dari rumah. 

Diketahui, essential oil punya beragam manfaat, terutama untuk kesehatan. Mulai dari memperbaiki suasana hati, mengatasi pegal-pegal, mengobati batuk pilek dan demam, hingga mengatasi masalah pencernaan. 

Baca juga: Bisakah Essential Oil Dijadikan Alternatif Pengganti Obat?

Baca juga: Essential Oil Bisa Dipakai untuk Mencuci Pakaian, Begini Caranya

Pasalnya, kebanyakan minyak yang satu ini dibuat dengan bahan-bahan alami yang aman untuk tubuh. 

Ternyata, cara menggunakan essential oil pun beragam, tak hanya dihirup melalui diffuser ataupun dioles. Diamond Leaders salah satu perusahaan yang menjual essential oil, Young Living Indonesia, Melissa dan Evi, mengungkap cara-cara yang bisa kamu terapkan dalam menggunakan essential oil

Cara tepat menggunakan essential oil

1. Dioles pada kulit

Essential oil yang dijual oleh Young Living Indonesia. KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Essential oil yang dijual oleh Young Living Indonesia.

Menurut Evi, cara paling populer yang banyak orang ketahui untuk menggunakan essential oil adalah dengan cara dioles. 

Biasanya, cara ini digunakan untuk memijat bagian tertentu sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pegal-pegal. 

Baca juga: 5 Essential Oil yang Bisa Redakan Sakit Kepala dan Cara Pakainya

“Tapi enggak bisa sembarangan dioles. Harus pakai minyak pembawanya dulu. Memang ada orang yang bisa langsung dioles, tapi bayi dan anak-anak harus pakai minyak pembawa itu dulu sebelum dipakai,” kata Evi kepada Kompas.com saat diwawancarai di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2024). 

Selain itu, kata Evi, usahakan untuk melakukan tes alergi dulu sebelum mengoleskannya ke kulit. Tes alergi bisa dilakukan dengan cara mengoleskan essential oil yang telah diencerkan dengan minyak pembawa pada kulit lengan. 

2. Dihirup

Penggunaan essential oil dengan cara dihirupDok. Shutterstock/Image Point Fr Penggunaan essential oil dengan cara dihirup

Cara populer kedua selain dioles adalah dihirup. Biasanya, essential oil dihirup dengan menggunakan diffuser ataupun dimasukkan ke dalam baskom yang berisi air panas. 

Metode yang satu ini, kata Melissa, merupakan cara yang biasa digunakan untuk mengatasi suasana hati yang sedang buruk atau sedang membutuhkan ketenangan.

Baca juga: 8 Essential Oil yang Bantu Meredakan Sakit Tenggorokan

“Anak-anak aku biasanya kalau lagi badmood, minta sendiri tuh (essential oil) untuk dihirup. Karena saya emang udah ngelatih mereka dari kecil kalau ngerasa badmood atau bahkan sakit, pakai essential oil dulu,” ujar Melissa kepada Kompas.com. 

3. Dijadikan bahan DIY

Essential oils yang dipamerkan di booth Young Living Indonesia, di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2024). KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Essential oils yang dipamerkan di booth Young Living Indonesia, di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2024).

Melissa dan Evi mengungkap, essential oil bisa juga dijadikan bahan untuk DIY (do it yourself).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com