Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2024, 18:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Apakah menangis bisa membakar kalori?

Pertanyaan ini mungkin pernah melintas di pikiran sebagian orang, apalagi jika cukup sering menangis.

Menangis adalah salah satu respons alami tubuh terhadap emosi yang intens. Beberapa orang mudah menangis, sementara lainnya tidak terlalu sering.

Ketika kita menangis karena merasakan emosi yang meluap-luap, tubuh memproduksi apa yang disebut sebagai "air mata psikis" atau mengubah respons psikologis menjadi respons fisik.

Baca juga:

Ternyata, dampak-dampak menangis memiliki efek jangka panjang yang lebih luas terhadap tubuh, termasuk di antaranya membakar sejumlah kalori, mengeluarkan racun, dan menyeimbangkan hormon tubuh.

Selengkapnya dapat dibaca pada ulasan berikut.

Berapa kalori yang terbakar saat menangis?

Jika menangis bisa membakar sejumlah kalori, berapa kalori yang terbakar?

Dilansir dari Healthline, situasi seperti ditinggal meninggal orang terkasih, putus cinta, atau mengalami gejala depresi bisa menyebabkan seseorang lebih sering menangis.

Ketika mengalami emosi intens, kita mungkin menyadari berat badan kita mulai turun.

Namun, kondisi tersebut kemungkinan terjadi karena kesedihan dan depresi berkaitan erat dengan nafsu makan, bukan semata karena menangis.

Jika pun menangis bisa membakar kalori, kita mungkin harus menangis selama beberapa jam dan setiap hari, sehingga kalori yang dibakar bisa mirip jumlahnya dengan ketika kita berjalan cepat.

Baca juga:

Jika masih butuh angka, sebuah penelitian yang dipublikasikan melalui National Library of Medicine pada 2007 menemukan, menangis diperkirakan membakar jumlah kalori yang lebih kurang sama dengan tertawa, yakni sekitar 1,3 kalori per menit.

Artinya, setiap sesi menangis selama 20 menit bisa membakar 26 kalori lebih banyak daripada jika tidak menangis. Namun, ini jumlah yang sangat sedikit dan tidak signifikan.

Kendati demikian, menangis tetaplah memiliki sejumlah manfaat. Beberapa di antaranya membantu melepaskan stres, membuang racun dalam sistem tubuh, serta membantu melepaskan kesedihan dan rasa sakit.

Tidak ada yang salah dengan menangis, jika dilakukan sesekali. Namun, jika mengalami hal traumatis dan menangis dilakukan setiap hari selama beberapa minggu atau bulan, cobalah mencari bantuan profesional.

@kompas.lifestyle Gen Z katanya gampang stres, apa iya? Kalo kamu ngerasain hal serupa dan lagi stres, tonton videonya sampai habis buat tahu tipsnya! Share dong apa yang lagi jadi kegelisahan kamu? #genz #stres #mentalhealth #lifestyle ? original sound - Jayrhin
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com