Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2024, 21:04 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memiliki berat badan yang ideal menjadi idaman banyak orang.

Selain berkaitan dengan penampilan, berat badan yang ideal juga lebih mungkin menghindari risiko dari berbagai penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Untuk mencapai berat yang ideal banyak orang melakukan diet dan mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makan makanan yang sehat.

Baca juga:

Belakangan ini banyak orang yang mengonsumsi makanan sehat, seperti oat dan granola. Bahkan, beberapa orang menganggap granola bisa membantu menurunkan berat badan.

Namun, apakah hal tersebut benar?

Apakah granola bisa untuk diet?

 Budi Wirawan CEO brand makanan sehat Granolab Muesli mengatakan bahwa granola bisa membantu untuk proses diet.

Granola untuk proses diet bisa membantu, tapi kalau makanannya diganti full granola kurang efektif, menurunkan berat badan harus dikombinasikan dengan workout,” kata Budi dalam acara "BincangShopee Big Ramadhan Sale: Segar Dalam Raga, Tenang Dalam Jiwa" di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Ia menambahkan, granola hanya bisa menjadi bagian dari pola makan sehat dan seimbang secara keseluruhan.

Jika ingin hasilnya lebih cepat, maka penting pula untuk memerhatikan sejumlah faktor, seperti olahraga.

"Semuanya harus balance kalau diet,” lanjutnya

Adapun granola merupakan makanan yang kaya akan serat sehingga bisa menahan lapar lebih lama dan cocok untuk camilan diet, seperti dilansir dari Eating Well.

Namun, ketika mengonsunsi granola, kita juga perlu memerhatikan kandungannya. Beberapa merek mungkin menambahkan gula tambahan yang mengandung lebih dari 1 sendok makan per porsinya.

Pilihlah granola dengan bahan-bahan yang dapat diperhatikan antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering.

Pastikan granola juga memiliki kandungan serat yang cukup, minimal 4 gram serat per porsi, untuk mendukung kesehatan pencernaan dan mengontrol gula darah.

Perhatikan juga kandungan lemak tak jenuh dalam granola. Pilihlah granola yang mengandung bahan-bahan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sehat seperti minyak canola, zaitun, atau bunga matahari untuk mendapatkan manfaat lemak sehat bagi tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com